Ali Farkhan: Trauma Healing Melalui Dzikrullah

Lombok Utara, MINA – Ali Farkhan Tsani, dai Jama’ah Muslimin (Hizbullah) mengatakan, trauma healing (pemulihan) mental yang pokok pascabencana adalah dengan dzikrullah, ingat kepada Allah.

“Kita kembalikan semuanya kepada Allah Yang Maha Kuasa, seraya bersabar, berzikir, berdoa, tadarus Quran, dan beribadah, bahwa Allah masih memberikan kita kesempatan hidup,” ujarnya dalam tausiyah Ramadhan di hadapan ratusan jamaah di Masjid Darussalam Karang Langu, Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Sabtu malam (10/5).

Ia menambahkan, semua kejadiaan di muka bumi adalah atas kehendak Allah, hidup dan mati semua dalam genggamannya, semuanya untuk menguji kadar iman kita.

“Ketika bumi diguncangkan dengan seguncang-guncangnya, begitu Surat Al-Zalzalah menyebutkan. Jadi, ketika sekarang sudah kembali seperti semula, kita kembali ke rumah-rumah kita seraya memohon pertolongan Allah,” ujar Ali Farkhan, yang juga Redaktur Senior MINA.

Ia juga mengatakan bahwa kaum Muslimin itu tidak sendiri, tapi masih ada saudara-saudara yang lainnya, sebaga satu saudara, yang terikat dalam ukhuwah islamiyah.

“Termasuk masjid ini, insya-Allah akan selesai pada waktunya, dengan jariyah kaum Muslimin,” imbuhnya.

Shalat tarawih warga setempat dilaksanakan di bedeng, sementara masjid masih dalam tahap pembangunan.

Menurut Panitia, Budi Hartono, anggaran keseluruhan pembangunan masjid ukuran 15 x 18 m2 tersebut mencapai sekitar 1,2 miliar. Termasuk kamar mandi, sound, partisi dan finishing lainnya.

Dari total RAB sekitar 1,2 M tersebut, terpenuhi separohnya, dari warga setempat dan beberapa Muhsinin (donatur) perorangan warga dari Luar Lombok, lanjutnya.

Saat ini sedang pengerjaan kamar mandi/toilet untuk pria dan wanita terpisah (sekitar Rp70jt), sekat partisi keliling masjid (sekitar Rp50jt), jam digital (sekitar Rp5jt), dan pekerjaan finishing.

Donatur yang hendak berinfak jariyah dapat langsung ke lokasi atau melalui Bank NTB Syariah KCP Pemenang Nomor Rekening 505.02.00019.21-3 atas nama Takmir Masjid Darussalam. (L/RS2/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)