Alumni Ponpes Al-Fatah Jambi Juara Pertama MHQ pada ASEAN Student’s Day di Sudan

Rimbo Bujang, Jambi, MINA – Suryani binti Suhaili, santriwati alumni Pondok Pesantren (Ponpes) Hafidz Al-Fatah Jambi tahun 2017 berhasil mengharumkan nama Indonesia dengan meraih Juara Pertama kategori Musabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ) cabang 10 Juz pada ASEAN Student’s Day 2019 di Khartoum, Sudan.

“Indonesia juga berjaya menjadi juara umum,” kata Suryani saat diwawancarai jarak jauh oleh jurnalis MINA dari Rimbo Bujang, Jambi.

ASEAN Student’s Day merupakan ajang kompetisi olahraga dan seni yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali yang diinisiasi oleh Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Sudan bekerjasama dengan persatuan pelajar beberapa negara ASEAN lainnya, yang didukung oleh KBRI Khartoum.

Pada tahun 2019 ini diikuti oleh para mahasiswa dari lima negara anggota ASEAN yang ada di Khartoum, yaitu: Indonesia, Kamboja, Malaysia, Myanmar dan Thailand.

Cabang olahraga dan seni yang dipertandingkan adalah Futsal, Kaligrafi, Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ), dan Musabaqoh Qiroatil Kitab (MQK). Selain itu, kegiatan ini juga diramaikan dengan kegiatan bazaar kuliner dari masing-masing negara.

“Perlu di ingat, pupuk terus semangaat untuk menjaga Al-Qur’an lillaah, kesuksesan penghafal Qur’an itu bukan ketika dia menjuarai perlombaan, mengumpulkan banyak sanad, hafal selancar air mengalir, tetapi kesuksesan yang sebenarnya adalah ketika dia mampu menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-sehari,” kata Suryan.

Menurut Suryani, setiap muslim hendaknya selalu dekat dengan Al-Qur’an karena Al-Qur’an adalah kebutuhan hidup yang wajib. Yakinlah, barangsiapa yang menghafal Al-Qur’an maka hidupnya tidak akan pernah rugi dunia akhirat.

“Terus berinteraksi dengan Al-Qur’an, sesibuk apapun itu,” pesan Suryani yang saat ini tercatat sebagai mahasiswa di Universitas Internasional of Afrika jurusan Dirosah Islamiyah.

Sebelumnya, Suryani berhasil meraih Juara Kedua (2016) kategori Hafalan Al-Qur’an (Hifdzil Qur’an) 20 Juz, Juara Pertama (2017) kategori Hafalan Al-Qur’an (Hifdzil Qur’an) 30 Juz, dan Juara  Pertama kategori Hafalan Al-Qur’an (Hifdzil Qur’an) 30 Juz tingkat Provinsi Jambi.

“Jangan pernah merasa cukup mempelajari ilmu Al-Qur’an, dalami terus dan terus, karenaa bila kita gali, maka tidak akan ada habisnyaa. Ilmu Allah itu sangat luas, terus semangat dan minta do’a dari kedua orng tua, dan terus memohon kepada yang Maha Memiliki Ilmu,” ujar Suryani.

Pondok Pesantren Al-Fatah Jambi adalah salah satu dari 20 cabang Pondok Pesantren Al-Fatah yang ada di Indonesia, mulai dari Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, hingga Maluku. Sedangkan Pondok Pesantren Al-Fatah pusat berada di Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

ASEAN Student’s Day 2019 dibuka secara resmi oleh Dubes RI untuk Khartoum, Rossalis R. Adenan bersama Dubes Malaysia, M. Razdan bin Jamil dan Ketua Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Najah Saleh, Jum’at (15/3).

ASEAN Student’s Day berlangsung selama dua hari, hari pertama untuk pertandingan dan perlombaan, sementara pada hari kedua merupakan penutupan.

Kegiatan ini mendapatkan atensi dan apresiasi yang sangat besar  dari para pelajar dan mahasiswa ASEAN di Sudan dan berharap kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan setiap tahun sebagai ajang penguatan solidaritas dan persaudaraan sesama masyarakat ASEAN di Sudan.

Pada tahun ini, Indonesia keluar sebagai juara umum dengan menjuarai cabang lomba Futsal, MHQ Putra dan Putri, MQK putra dan Putri, serta juara 2 Kaligrafi. (L/R09/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)