Anggota DPR : BPJS Kesehatan Terancam Collaps

Jakarta, 4 Ramadhan 1438/30 Mei 2017 (MINA) –  Anggota Komisi IX DPR RI Andi Fauziah Pujiwatie Hatta mengatakan,  anggaran yang terus defisit dari tahun ke tahun, membuat lembaga penyelenggara jaminan kesehatan nasional (JKN) ini terancam collaps.

“Tren pengelolaan keuangannya selalu negatif,” komentarnya sesaat sebelum mengikuti Rapat Paripurna DPR RI, Selasa (30/5).

Menurut Ichi, begitu ia akrab disapa, defisit ini bisa jadi bom waktu dan mempengaruhi layanan kesehatan bagi masyarakat.

“Seperti diketahui, mengalami defisit mencapai Rp 6,23 triliun pada 2015. Sementara pada 2016 sekitar Rp 8,6 triliun. Bahkan, pada 2018 diprediksi defisitnya mencapai Rp 10,05 triliun,” ujar Ichi dalam keterangan pers DPR RI yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

“Negara masih terus membantu menambal defisit dana yang tersedia di DJS (dana jaminan sosial). Seperti bom waktu, pada saatnya nanti dana di DJS tidak mencukupi lagi untuk menambal defisit yang ada,” tuturnya.

Ketika negara, lanjut politisi Golkar itu, tak lagi memberi bantuan, barulah akan terlihat BPJS kewalahan membiayai kebutuhan layanan kesehatan. Pemerintah diimbaunya segera memberi perhatian pada persoalan defisit tersebut.

“Kalau tidak segera dilakukan antisipasi yang menyeluruh, BPJS bisa collaps dalam perjalanan mencapai universal health coverage (UHC),” pungkasnya. (T/R05/P1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)