Anies Berspeda Bersama Dubes-Dubes Negara Nordik

Jakarta, MINA – , menyampaikan apresiasi kepada -negara negara Nordik yang mendukung dengan mengadakan kegiatan The Nordic Bicycling Event.

Hal itu disampaikannya dalam acara EU Climate Diplomacy Week 2020, bersama para duta besar negara nordik meliputi : Duta Besar Uni Eropa, Denmark, Swedia, Norwegia, dan Finlandia setelah bersepeda di sepanjang Jalan Senayan menuju Kantor Nordic Embassies, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, pada Kamis (5/11).

Ia berharap, inisiasi tersebut akan semakin menambah peralihan masyarakat menggunakan kendaraan yang ramah lingkungan.

Menurutnya, semangat yang dikemas oleh para duta besar tersebut berspeda, sejalan dengan komitmen Pemprov DKI untuk terus meningkatkan infrastruktur bagi kendaraan ramah lingkungan dan pejalan kaki.

“Kami di Pemprov DKI menyambut baik, mengapreasiasi dan memang kita sedang mendorong masyarakat menggunakan alat transportasi yang ramah lingkungan. Karena itu pembangunan infrastruktur untuk fasilitas ramah lingkungan baik trotoar pejalan kaki, jalur sepeda, kendaraan umum, kita dorong supaya Jakarta menjadi kota yang lebih ramah lingkungan,” ujarnya.

“Kesadaran tentang masalah lingkungan harus diperkuat. Masa depan sebuah kota sangat ditentukan daya tahan kota itu dalam konteks lingkungan. Jangan sampai kegiatan ekonomi yang intensif, ekologi terkorbankan. Ekonomi dan ekologi harus jalan bersamaan. Ini yang kita dorong sama-sama,” tegasnya.

EU Climate Diplomacy Week 2020 merupakan acara tahunan, di mana Uni Eropa dan negara-negara anggotanya menyelenggarakan berbagai acara untuk mendorong dialog dan kerja sama di bidang perubahan iklim.

Dalam komitmen untuk mewujudkan solusi perkotaan berkelanjutan, Delegasi UE dan Kedubes Nordik khususnya mendukung acara tersebut untuk untuk mempererat kemitraan antara kota Jakarta, Uni Eropa dan negara-negara Nordik.

Terlebih lagi, Nordik mempunyai misi di Ibu Kota untuk menggelar acara bersepeda tingkat tinggi, namun dalam skala kecil. (R/SH/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)