Anies Ingatkan Peran Penting Masyarakat Betawi

Jakarta, MINA – Masyarakat memiliki kiprah dan peranan yang cukup penting dalam membangun dan merajut tali persatuan masyarakat Indonesia, sejak zaman pergerakan nasional hingga sekarang.

Hal itu disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat memberi sambutan pada kegiatan bertema “Dengan Budaya Kita Perkokoh Persatuan dan Kesatuan Indonesia” di Lapangan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Ahad (21/7).

Lebaran Betawi rutin digelar Pemprov DKI Jakarta bekerja sama dengan Badan Musyawarah Betawi (Bamus) sejak 2008, diharapkan dapat menjaga tradisi dan membumikan kembali budaya Betawi seusai Perayaan Idul Fitri.

“Lapangan ini memang memiliki sejarah tersendiri. Kalau kita ingat, lapangan ini adalah tempat di mana masyarakat Bewati berkumpul, yang kita kenal dengan pertemuan Ikada,” kata Anies membuka sambutannya.

Baca Juga:  Menlu Retno Bahas Persiapan Evakuasi WNI di Timur Tengah

Anies mengungkapkan, pada saat itu, kemerdekaan sudah diproklamasikan, tetapi masih dianggap bahwa itu adalah keputusan sekelompok orang kecil, sekelompok masyakat sedikit jumlahnya kaum elit, dibilang bahwa kemerdekaan itu bukan kemauan rakyat.

“Apa yang terjadi? Masyarakat Betawi berbondong-bondong datang ke lapangan ini, ingin menunjukkan bahwa kemerdekaan bukan kemauan kelompok kecil, kemerdekaan adalah kemauan seluruh rakyat, dan siapa itu? Masyarakat Betawi yang melakukan di tempat ini,” katanya.

Menurut Anies, kehadiran masyarakat Betawi pada waktu itu, mengirim pesan kepada semua elemen bahwa Indonesia merdeka bukan cita-cita kelompok kecil, tetapi Indonesja merdeka adalah cita-cita seluruh rakyat.

Alhamdulillah, hari ini kita kembali menggunakan lapangan ini untuk merayakan tradisi Lebaran Betawi. Temanya adalah tema yang sangat penting, tema persatuan,” katanya.

Baca Juga:  Tokoh Kashmir Sebut PM Modi Sebarkan Kebencian untuk Kembali Berkuasa

Anies menegaskan, Pemprov DKI Jakarta akan terus mendukung berbagai kegiatan yang dilakukan oleh Bamus Betawi dalam menjaga silaturahmi dan persatuan warga Betawi dengan warga DKI Jakarta, salah satunya melalui Lebaran Betawi.

“Tempat ini adalah tempat warga Betawi menunjukkan dukungan tanpa syarat bagi kemerdekaan Indonesia. Karena itu, ketika muncul permintaan, saya bukan hanya menyambut baik, kita dukung agar Monas menjadi tempat kegiatan Lebaran Betawi,” katanya. (L/R06/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.