Anies Kenang Sosok Prof Bachtiar Effendy

Jakarta, MINA – Gubernur DKI Jakarta mengatakan bahwa almarhum Prof. adalah tokoh yang berintegritas tinggi. Hal itu disampaikannya usai menghadiri peluncuran buku biografi Prof. Bachtiar Effendy.

Dalam peluncuran buku berjudul ‘Mengenang Sang Guru Politik Prof. Bachtiar Effendy’ yang dilselenggarakan di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Menteng, Jakarta, Senin (10/2), Anies bercerita tentang awal mula perkenalannya dengan Prof. Bachtiar Effendy.

“Kita semua merasakan betapa besar kontribusi mas Bachtiar Effendy selama hidupnya dengan tulisan tulisan pikiran-pikiran beliau, khususnya terkait dengan dunia politik dan perjuangan umat Islam,” katanya kepada awak media.

Menurut Anies, tidak banyak tokoh seperti Prof. Bachtiar Effendy, yang merupakan seorang lulusan pesantren, lalu mengabdikan diri untuk negeri melalui beberapa sumbangsih pemikiran-pemikirannya.

Baca Juga:  KNEKS Resmikan Kawasan Kuliner Ramah Muslim di Labuan Bajo

Pemenang dalam Pilkada 2017 lalu itu mengapresiasi penulisan biografi tokoh agama maupun bangsa yang memiliki integritas tinggi, seperti Prof. Bachtiar Effendy dan semisalnya.

“Saya mengapresiasi tradisi untuk menulis pikiran, pengalaman tentang seorang pribadi yang sudah wafat, sehingga pengalaman dari atau interaksi pikiran dari yang sudah berpulang ini sepanjang usianya bisa tersalurkan kepada banyak orang,” ujar Anies.

Anies menambahkan, yang menarik dari seorang Prof. Bachtiar adalah kejeliannya melihat transisi demokrasi, melihat bagaimana institusi demokrasi tumbuh berkembang, partai politik tumbuh berkembang, dan bagaimana itu bisa diintegrasikan dengan aspirasi umat Islam.

“Bila tidak diwujudkan dalam bentuk tulisan maka yang tahu hanya yang baca,” katanya. (L/R2/RS3)

Baca Juga:  Dukung Wisata Ramah Muslim, LPPOM Fasilitasi Sertifikasi Halal 744 UMK

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.