Anies Luncurkan Kelola Sampah Berbasis Digital, Petugas Real Time

Jakarta,  MINA  –   Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meluncurkan digitalisasi pengelolaan sampah melalui scan QR code.

Ia mengatakan, petugas pengangkut sampah bakal terlacak secara real time, demikian keterangan yang diterima MINA.

“Program ini merupakan sebuah inovasi dan terobosan bagaimana kita semua dapat mengelola sampah berbasis teknologi digital secara lebih sistematis, sekaligus menyediakan wadah kolaborasi semua stakeholders yang ada,” kata Anies melalui video sambutannya dalam acara kickoff digitalisasi pengelolaan sampah di, Jakarta, Jumat (22/4).

Ia meyakini, dengan teknologi digital pengelolaan sampah memberikan pesan terhadap masyarakat bahwa sampah menjadi tanggung jawab bersama.

Anies berharap, kepedulian dan tanggung jawab masyarakat terhadap pengelolaan sampah tumbuh melalui program tersebut.
“Dengan harapan seluruh warga Jakarta dari berbagai unsur akan memiliki kesadaran, paradigma baru, kepedulian yang baru dan juga berkolaborasi untuk pengelolaan sampah yang lebih baik sehingga dapat mewujudkan tema hari bumi tahun ini, yaitu ‘Baik untuk Bumi’,” ujarnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto meyakini program ini memberikan manfaat kesehatan sekaligus ekonomi. Nantinya, sampah yang dihasilkan dapat ditukar dengan point dan adanya pengurangan sampah setiap hari. (R/R8/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)