Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Antisipasi Mpox, Indonesia Wajibkan Penggunaan Aplikasi SATUSEHAT bagi PPLN

Hasanatun Aliyah Editor : Widi Kusnadi - Kamis, 29 Agustus 2024 - 21:15 WIB

Kamis, 29 Agustus 2024 - 21:15 WIB

11 Views

Bandara Haneda di Tokyo (Foto: Pinterest)

Jakarta, MINA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mewajibkan kembali penggunaan aplikasi SATUSEHAT bagi pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) sebagai langkah antisipasi penyebaran penyakit Mpox, atau yang lebih dikenal dengan cacar monyet.

Langkah tersebut diambil menyusul penetapan penyakit Mpox sebagai kedaruratan kesehatan masyarakat yang meresahkan dunia (Public Health Emergency of International Concern) oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) pada 14 Agustus 2024.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, M. Kristi Endah Murni, menyampaikan, aturan tersebut mulai berlaku sejak 27 Agustus 2024.

“Penetapan SE 5 DJPU tahun 2024 ini bertujuan sebagai panduan bagi Badan Usaha Angkutan Udara dan Perusahaan Angkutan Udara Asing agar setiap personel penerbangan dan penumpang yang melakukan perjalanan luar negeri menuju Indonesia mengisi formulir swadeklarasi elektronik bernama SATUSEHAT Health Pass,” ujar Kristi di Jakarta, seperti dikutip dari Infopublik.id, Kamis (29/8).

Baca Juga: Pj Bupati Aceh Tengah Buka Festival Ekonomi Kreatif dan UMKM

Kristi menambahkan, panduan itu juga diperuntukkan bagi Penyelenggara Bandar Udara Internasional untuk mengambil langkah-langkah pencegahan dan penanganan penularan penyakit Mpox di bandara. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Konferensi IRI Bahas Penanganan Penggundulan Hutan dan Perubahan Iklim Berbasis Agama

Rekomendasi untuk Anda

MINA Health
MINA Health
Asia
Indonesia
MINA Health