Antusiasme Peserta Ikuti Seminar Nasional Peduli Palestina di Ternate

, MINA – dengan tema “Ukhuwah Islamiyah Solusi Pembebasan Masjid Al-Aqsa dan Kemerdekaan Palestina”, yang diselenggarakan oleh Aqsa Working Group (AWG) dan Yayasan Fastabiqul Khairat di Hotel Vellya, Ternate, Maluku Utara, Sabtu (2/11) disambut antusias oleh peserta.

Salah satu peserta mahasiswa IAIN Fakultas Syariah, Sari (19) mengatakan, ia sangat antusias mengikuti acara seminar seperti ini.

“Saya 100 persen antusias ikut seminar nasional ini. Acaranya sangat saya apresiasi, karena memang ini menyangkut solidaritas kita sebagai umat Islam dalam memperjuangan kemerdekaan Palestina,” ujarnya.

Ia berharap agar masyarakat Indonesia khususnya seluruh Muslim Indonesia dapat bersatu supaya peduli terhadap Palestina dan membantu negara Palestina meraih kemerdekaannya.

Selain itu, Zainuddin Mahasiswa IAIN Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah mengatakan, dengan adanya kegiatan seperti ini menurutnya cukup baik untuk mendorong para pemuda khusunga muslim agar senantiasa bersimpati atas apa yang terjadi di Palestina.

“Saya harap kegiatan seperti ini lebih membuka pikiran serta mata hati kita, akan apa yang terjadi di sana dan tergerak hatinya untuk membantu walaupun tidak secara fisik setidaknya minimal dengan doa atau materi,” katanya.

Sementara Ketua Panitia Arif Rahman mengatakan bersyukur acara dapat berjalan dengan lancar.

“Alhamdulillah acara berjalan dengan lancar dan direspon dengan antusias oleh peserta yang terlihat dari animo mereka saat menanyakan atau berdialog dengan para narasumber,” ujar Arif.

Menurutnya, dari acara ini setidaknya dapat memberikan pencerahan kepada masyarakat akademis di Maluku Utara khususnya kota Ternate bahwa penyelesaian konflik itu intinya adalah ukhuwah.

“Dengan kita mengedepankan ukhuwah persaudaraan sesama muslim, mengedepankan nilai-nilai kesamaan, InsyaAllah segala macam problematika dapat diatasi dengan baik dan penuh perdamaian,” katanya.

Seminar yang dihadiri ratusan peserta ini merupakan bagian dari rangkaian acara Tabligh Akbar 1441 H wilayah Indonesia Timur yang digelar Ahad (3/11) di Masjid Al-Munawar, Kota Ternate. Setelah seminar, dilaksanakan pawai cinta Al-Aqsa yang diikuti ratusan siswa siswi dari berbagai sekolah di Ternate. (L/Ais/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.