Aplikasi Dewan Masjid Indonesia Jawab Tantangan Generasi Milenial

Jakarta, MINA – Aplikasi (DMI) merupakan teknologi informasi yang disediakan oleh DMI untuk mempermudah bertindak cepat, berpikir praktis, dan berani ambil resiko dalam menghadapi berbagai perubahan, termasuk dalam beribadah.

Sekretaris Bidang Media Informasi dan Hubungan Masyarakat Pimpinan Pusat Perhimpunan Remaja Masjid (PRIMA) DMI, Muhammad Ibrahim Hamdani menjelaskan, merupakan langkah cerdas di era digital yang berupaya untuk menjawab tantangan dan kebutuhan praktis generasi milenial yang serba instan. Demikian keterangan pers yang diterima MINA Jum’at (28/9).

Aplikasi DMI diharapkan dapat menciptakan inovasi dakwah dan syiar Islam di masa depan sehingga generasi milenial, khususnya remaja masjid, dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) sembari berdakwah dan beramal sholeh.

Aplikasi ini dapat diunduh dengan mudah dalam play store atau app store di gawai masing-masing. Caranya ketik “Dewan Masjid Indonesia” lalu langsung diunduh saja.

Aplikasi multi fungsi berbasis digital ini telah memuat daftar nama masjid dengan dilengkapi posisi astronomi, alamat lengkap serta nomor telepon pengurus masjid.

Hingga kini, terdapat 30.435 masjid yang sudah terdata di dalam aplikasi. Kondisi ini menjadi tantangan sekaligus peluang besar bagi remaja masjid di era teknologi digital untuk berlomba-lomba dalam kebaikan syiar dan dakwah Islam.

“Cara untuk mendaftarkan sebuah masjid ialah dengan memfoto bangunan masjid langsung dari lokasi, dengan kamera Handphone, kemudian isi data yang dibutuhkan dan memyimpan data itu dengan klik simpan,” ujar Hamdani.

Aplikasi Dewan Masjid ini juga memiliki beragam fitur menarik seperti jadwal sholat, arah kiblat, lokasi masjid terdekat, cari masjid, masjid teraktif, kegiatan masjid terdekat, dan halo dai, serta dai terpopuler.

Masjid merupakan pusat peradaban umat sejak era Nabi Muhammad SAW. Tidak hanya menjadi tempat berlangsungnya ibadah kepada Allah SWT, masjid juga menjadi tempat berlangsungnya ibadah sosial yang berdampak kemanusiaan bagi umat. (R/Sj/R01)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.