Argentina Batalkan Pertandingan dengan Israel di Tengah Protes

Buenos Aires, MINA – Rencana pertandingan persahabatan antara tim sepakbola Argentina dengan tim sepak bola nasional Israel di Yerusalem telah dibatalkan, media Argentina melaporkan, Rabu (6/6).

Asosiasi Sepak Bola Argentina mengatakan, pihaknya telah memberitahu rekan-rekan Israel tentang keputusan pembatalan itu, MEMO yang dikutip MINA melaporkan.

Pertandingan yang semula dijadwalkan pada tanggal 9 Juni, dan akan dimainkan di Stadion Teddy Kollek Yerusalem telah mengundang banyak reaksi, terutama dari Palestina. Reaksi juga datang dari berbagai kelompok boikot anti Israel.

Menurut media lokal, manajer tim sepak bola nasional Argentina, Jorge Sampaoli menentang rencana pertandingan tersebut sejak awal dan para pemain juga tidak mau ambil bagian dalam pertandingan.

Berbicara kepada ESPN, striker Argentina Gonzalo Higuain mengkonfirmasi laporan itu, bahwa rencana pertandingan itu telah dibatalkan.

“Mereka akhirnya melakukan hal yang benar,” katanya, seraya menambahkan bahwa masalah itu sudah berakhir sekarang.

Palestina yang menekankan bahwa pertandingan akan melayani upaya Israel untuk melegalkan pendudukannya atas Yerusalem. Aksi protes juga dilakukan di banyak tempat dan juga di Barcelona, ​​di mana persiapan untuk pertandingan itu sedang berlangsung.

“Pertandingan ini telah menjadi alat politik lebih dari olahraga karena Israel bersikeras memiliki permainan yang dimainkan di Yerusalem, yang diklaim sebagai ibu kotanya,” kata Jibril Rajoub, ketua Asosiasi Sepakbola Palestina.

Rajoub telah meminta para pemain Argentina, terutama Lionel Messi, untuk tidak tampil dalam pertandingan itu agar tidak menutupi wajah pendudukan Israel.

Pertandingan itu adalah pertandingan terakhir Argentina sebelum mereka meluncurkan kampanye Piala Dunia mereka di Rusia melawan Islandia pada 16 Juni. (T/B05/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Comments: 0