AS Minta Saudi Lakukan Normalisasi dengan Israel

Riyadh, MINA – Utusan Presiden Amerika Serikat (AS) untuk Timur Tengah, Avi Berkowitz pada Ahad (18/10) malam mengatakan, Arab Saudi harus membuat keputusan untuk melakukan normalisasi hubungan dengan Israel.

“Kami melakukan pembicaraan yang positif dan mendorong di beberapa bidang dengan Arab Saudi,” katanya sebagaimana dilaporkan media Israel “Kan“.

Ditambahkan, pada akhirnya (normalisasi) adalah keputusan yang harus dibuat.

“Kami melihat mereka untuk memahami suhu di wilayah tersebut, kami akan hidup dan melihat,” kata Berkowitz.

Berkowitz memimpin delegasi AS, bersama dengan Menteri Keuangan (Keuangan) Stephen Mnuchin, yang melakukan perjalanan hari ini dari Tel Aviv dengan delegasi Israel ke Bahrain.

Pesawat berangkat dari Bandara Ben Gurion di Israel ke Bandara Internasional Bahrain di Manama melalui wilayah udara Saudi.

Pada Ahad malam, Israel mengumumkan telah menandatangani deklarasi bersama untuk menjalin hubungan diplomatik penuh dengan Bahrain.

Sebelumnya, kepala Mossad (intelijen eksternal) Israel, Yossi Cohen mengatakan, Arab Saudi tidak boleh menunda normalisasi dengan Israel terkait hubungan Israel dengan Palestina, mengacu pada laporan media yang menunjukkan persyaratan kepemimpinan Saudi untuk mencapai solusi atas konflik dengan Palestina untuk mengambil langkah normalisasi.

“Tentu saja kita semua berharap untuk membuat kemajuan dengan Palestina dan kami pasti akan menyambut kemajuan dalam negosiasi antara kami dan Palestina dalam persiapan untuk penyelesaian di masa depan. Tetapi masalah ini tidak boleh menjadi hambatan atau syarat untuk kelanjutan kontak kami dan pembentukan hubungan bilateral antara kami dan negara-negara di kawasan itu,” terang Cohen saat wawancara dengan media. (T/B04/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)