As’adi Al-Ma’ruf: Kemerdekaan Belum Dirasakan Semua Bangsa

Hakim Tipikor Tingkat Banding di Pengadilan Tinggi Jawa Tengah, Muhammad As'adi Al-Ma'ruf. (Foto: Sakuri/MINA)

Semarang, MINA – Tingkat Banding di Pengadilan Tinggi Jawa Tengah, Muhammad As’adi Al-Ma’ruf mengatakan bahwa belum dirasakan semua bangsa.

“Tiap bangsa berhak merdeka lepas dari penjajahan bangsa lain,” kata As’adi di Semarang kepada MINA melalui pesan WhatsApp, Selasa (10/12).

“Belum sepenuhnya dirasakan, seperti bangsa Palestina, Uighur, Kashmir, Rohingnya,” kata pria 69 tahun itu.

Pernyataannya itu bertepatan dengan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Internasional yang diperingati setiap 10 Desember.

untuk menghormati Majelis Umum PBB yang mengadopsi dan memproklamasikan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia, sebuah pernyataan global tentang HAM pada 1948.

Dalam pasal 30 dinyatakan, “Tidak sesuatu pun di dalam Deklarasi ini boleh ditafsirkan memberikan sesuatu Negara, kelompok ataupun seseorang, hak untuk terlibat di dalam kegiatan apa pun, atau melakukan perbuatan yang bertujuan merusak hak-hak dan kebebasan-kebebasan yang mana pun yang termaktub di dalam Deklarasi ini.”

Lebih tegasnya lagi di pasal pertama menyebutkan, “Semua orang dilahirkan merdeka dan mempunyai martabat dan hak-hak yang sama. Mereka dikaruniai akal dan hati nurani dan hendaknya bergaul satu sama lain dalam persaudaraan.”

Menurut As’adi, pada kenyataannya bangsa Palestina, Uighur, Kashmir, dan Rohinya tidak diberi kemerdekaan, bahkan dijajah dan dianiaya.

“Mereka mendapat perlakuan yang kasar, penganiayaan, pembunuhan tanpa ada tindakan hukum dari penguasa atau pemerintah,” katanya.

Apa yang dialami oleh bangsa-bangsa Muslim tersebut bertentangan dengan Pasal 5 dari Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia yang menyatakan, “Tidak seorang pun boleh disiksa atau diperlakukan secara kejam, diperlakukan atau dihukum secara tidak manusiawi atau dihina.”

Termasuk dalam Pasal 7 yang menyatakan, “Semua orang sama di depan hukum dan berhak atas perlindungan hukum yang sama tanpa diskriminasi. Semua berhak atas perlindungan yang sama terhadap setiap bentuk diskriminasi yang bertentangan dengan Deklarasi ini, dan terhadap segala hasutan yang mengarah pada diskriminasi semacam ini.”

Muhammad As’adi Al-Ma’ruf selama ini dikenal peduli terhadap isu-isu kemanusiaan dan pemberantasan korupsi di Indonesia. (L/SK/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.