ASEAN-Jepang Berkomitmen Perkuat Kerja Sama Ekonomi

Jakarta, MINA – Dalam memperingati hubungan persahabatan dan kerja sama yang ke-45, Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara () dan berkomitmen untuk terus meningkatkan kerja sama di berbagai bidang, khususnya di bidang  ekonomi.

Duta besar Jepang untuk ASEAN, Kazuo Sunaga mengatakan, sebagai mitra tertua bagi ASEAN kerjasama disektor ekonomi tidak diragukan lagi, terutama dengan berdirinya berbagai perusahaan Jepang di negara-negara anggota ASEAN sejak 4 dekade terakhir.

“Sejauh ini Jepang memang merupakan mitra tertua untuk ASEAN. Karena, kita sudah membangun kemitraan dan persahabatan dalam 45 tahun.Dan sekarang seperti halnya di Jakarta, Malaysia maupun negara-negara anggota ASEAN lainnya, banyak sekali perusahaan-perusahaan Jepang beroperasional. Mereka membuat dasar yang solid bagi kerja sama ASEAN–Jepang,” ungkap Kazuo Sunaga ketika ditemui disela-sela perayaan hubungan persahabatan dan kerjasama Jepang–ASEAN ke 45, Senin (24/9), di Jakarta.

Kazuo menambahkan, pihaknya menilai saat ini diusia persahabatan ke 45, perlu didorong adanya pertukaran orang per orang secara aktif dari dua kawasan.

“Saya ingin mendorong lebih banyak lagi orang-orang ASEAN mengunjungi Jepang, baik untuk tujuan wisata, bisnis, maupun menjadi pelajar. Tapi tentu saja disisi lain saya ingin mendorong adanya jumlah orang Jepang yang mengunjungi ASEAN juga meningkat. Jadi, saya juga ingin melihat pertukaran aktif diantara masyarakat kedua wilayah, baik dari ASEAN maupun Jepang. Itulah harapan saya,” tambah Kazuo.

Kazuo menyatakan, penyelenggaraan KTT ASEAN di Singapura pada November mendatang, juga akan diirangkaikan dengan perayaan puncak hubungan persahabatan dan kerjasama Jepang–ASEAN ke 45.

Sementara itu, Wakil sekjen ASEAN Bidang Komunitas dan Kerja sama, AKP Mochtan mengatakan, kerja sama dengan Jepang yang terbilang aktif selama ini tidak hanya berlangsung baik bagi sektor keamanan politik. Tapi, juga bagi sektor sosial budaya hingga orang per orang.

“Ya, banyak sekali (berbagai proyek yang akan dilakukan ASEAN dan Jepang). Misalnya disaster management. Salah satunya ASEAN coordinating center for Humanitarian Asisstance (AHA Center). Itu banyak sekali kita bekerjasama dengan Jepang, terutama bantuan-bantuan didalam capability kesiapannya. Cyber security, ASEAN–Jepang music festival. Jadi, bukan hanya soal political security, tetapi juga soal sosial budaya. Jadi, apresiasi itu bukan hanya ditingkatan official/goverment. Tetapi, juga ditingkatan masyarakat,”jelasnya.

Pada perayaan hubungan persahabatan dan kerjasama Jepang–ASEAN ke 45 yang diselenggarakan di sekretariat ASEAN di Jakarta dan dimeriahkan dengan pengenalan serta promosi kuliner khas Jepang. Kegiatan itupun dihadiri oleh para duta besar negara-negara anggota ASEAN.

Tahun 2018 Jepang dan ASEAN merayakan hubungan persahabatan dan kerja sama yang ke 45.Sebagaimana diketahui Jepang merupakan salah satu mitra penting ASEAN dari 3 negara mitra yang ada atau ASEAN + 3 selain Tiongkok dan Korea Selatan.(L/R04/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Nidiya Fitriyah

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.