Atlet Muslimah Pinka Zuhdiana Ikuti Kejuaraan Dunia Wingchun Ketiga Kalinya

Jakarta, MINA – Atlet muslimah Pinka Zuhdiana Hapsari mengikuti Kejuaraan dunia Wing Chun yang ketiga kalinya. Tahun ini kejuaraan digelar di Hong Kong, Ahad (17/11).

“Saya targetkan untuk tampil sebaik mungkin. Lawan yang paling diperhatikan tentu dari Hong Kong. Awalnya saya agak minder, tetapi lama-lama bisa percaya diri,” kata Pinka dalam keterangan tertulis yang diterima MINA.

Kali ini, tim Indonesia menurunkan 32 atlet pada kejuaraan tersebut, dengan target 9 emas dan meraih juara umum.

Sebelumnya, pada kejuaraan dunia 2016 dan 2017, Indonesia mencatat prestasi juara umum.

Pinka mengatakan mulai berlatih seni bela diri asal China itu sejak 2015 lantaran terinspirasi oleh film Ip Man. Film tersebut tentang kisah hidup Ip Man, grandmaster Wing Chun yang menjadi guru bela diri Bruce Lee.

“Karena saya perempuan, saya cari olahraga yang bisa bantu saya Self defense. Ternyata Wing Chun cocok untuk perempuan karena spesialis jarak dekat,” kata Pinka saat acara pelepasan tim nasional wing chun Indonesia di Jakarta pekan lalu.

Pinka berharap Wing Chun menjadi olahraga beladiri populer di Indonesia. “Kami berhasil meraih prestasi dunia. Semoga peminat olahraga ini semakin banyak kedepan,” katanya. (R/LM/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)