Awali Kekuatan ASEAN, Indonesia Gelar Pertemuan Menlu di Jakarta

Para Menlu ASEAN dalam sesi foto di Jakarta, Jumat (3/2) (foto: Abdullah/MINA)

Jakartaa, MINA – Mengawali 2023, Indonesia menggelar rangkaian pertemuan para Menteri Luar Negeri (Menlu) atau The ASEAN Foreign Ministers’ (AMM) Retreat yang digelar di Gedung Sekretariat ASEAN, Jakarta, pada 2-4 Februari 2023.

Wartawan MINA di Gedung Sekretariat ASEAN melaporkan, Jumat (3/2), delegasi Menlu negara-negara ASEAN sudah tiba kurang lebih pada pukul 13:00 WIB.

Urutan kedatangan para delegasi yakni Singapura, Brunei Darussalam, Malaysia, Kamboja,Thailand, Sekretaris Jenderal ASEAN, Vietnam, Filipina, Laos dan Timor Leste. Sementara untuk delegasi Myanmar tidak terlihat.

Para Menlu, Jumat (3/2) melangsungkan pertemuan ASEAN Coordinating Council ke-32 dan pada besok Sabtu (4/2) akan melakukan pertemuan AMM retreat yang akan dipimpin oleh Menlu RI Retno Marsudi.

Seperti dikutip dari laman Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI, rangkaian pertemuan tersebut, akan dibahas beberapa agenda, termasuk diantaranya prioritas Keketuaan Indonesia dan tindak lanjut hasil-hasil KTT ASEAN ke-40 dan 41 di tahun 2022.

Keketuaan Indonesia mengangkat tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth”.

Indonesia akan mendorong upaya kerja sama ASEAN yang semakin kuat dalam merespon berbagai tantangan kawasan dan global seperti rivalitas geopolitik, dampak berkelanjutan pandemi dan bencana alam, krisis keuangan, krisis energi, krisis pangan.

Indonesia juga terus bertekad menjaga stabilitas dan perdamaian di kawasan Indo-Pasifik, melalui pendekatan paradigma kolaborasi. ASEAN Outlook on the Indo Pacific (AOIP), merupakan prakarsa Indonesia, yang diadopsi oleh para pemimpin ASEAN pada Juni 2019 dan bertujuan untuk menjaga stabilitas kawasan melalui kemitraan, dialog dan kerja sama. (R/RE1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.