Kominfo: Pendaftaran Media Peliput KTT ASEAN Ke-43 Telah Dibuka

Jakarta, MINA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah membuka pendaftaran bagi media yang akan meliput Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN 2023 pada Sabtu (5/8).

Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kominfo, Usman Kansong mengatakan, pendaftaran akan dibuka selama 21 hari mulai, Sabtu (5/8) hingga Jumat (25/8 pukul 00.00 WIB.

“Pendaftaran buat teman-teman media peliput akan dibuka hingga 25 Agustus 2023,” ujar Usman.

Usman menjelaskan, klasifikasi media yang akan meliput adalah media asing luar negeri, media asing residen di Indonesia dan media nasional, serta media officer (MO), Official Media (OM) dan Official Travelling Press (OTP).

Dalam proses registrasi, katanya, yang paling penting diperhatikan adalah harus mempunyai akun pada situs registrasi media terlebih dahulu.

Adapun urutan mekanisme pendaftarannya adalah sebagai berikut, melakukan sign up untuk mendapatkan user akun, kemudian isian detil pada form sign up, cek e-mail untuk mendapatkan password login, serta kemudian melakukan login dan register pada event KTT ke-43 ASEAN 2023 untuk di proses akreditasi.

“Media yang terakreditasi dari Kementerian kominfo adalah salah satu syarat pengambilan ID batch media media. Ada help desk-nya,: [email protected] dan ada WhatsApp juga,” jelas Usman Kansong.

Proses registrasi tersebut dikatakan Usman tidaklah rumit dan sudah pernah diterapkan Kementerian Kominfo saat event internasional KTT G20 dan KTT ASEAN di Labuan Bajo, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) beberapa bulan lalu.

Selain itu, Kementerian Kominfo juga akan menyiapkan Media Center di lokasi yang sama dengan acara KTT, yakni Exhebition Hall B JCC Jakarta, dengan daya tampung maksimal hingga 2.500 orang yang beroperasi pada 2-8 September 2023 atau sebelum dan sesudah acara puncak KTT ke-43 ASEAN 2023 ini.

“Perkiraan daya tampung mediacenter kita 2.500, ini perkiraan juga estimasi jurnalis yang terakreditasi, Kita memprediksikan yang mau estimasikan yang meliput bisa sampai 2500 wartawan atau jurnalis,” jelasnya,

Operasional Media Center tersebut akan dilakukan pada H-3 KTT untuk memberikan keleluasaan media, khususnya media asing dan rencananya dibuka pada pukul 8.00 pagi hingga pukul 22:00.

“Media Center bisa juga buka 24 jam jika ada kebutuhan teman-teman membutuhkan Media Center kita,” imbuhnya.

akan digelar di Exhebition Hall B Jakarta Convention Center (JCC) pada 5-7 September 2023.

Kepala pemerintahan negara-negara anggota ASEAN dan mitra direncanakan akan hadir dalam konferensi tersebut.

Indonesia memegang tahun ini dengan tema ASEAN Matters: Epicentrum of Growth”.

Indonesia bertekad mengarahkan kerja sama ASEAN tahun 2023 untuk melanjutkan dan memperkuat relevansi ASEAN dalam merespon tantangan kawasan dan global, serta memperkuat posisi ASEAN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi kawasan, untuk kemakmuran rakyat ASEAN.  (R/RE1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.