Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

AWG dan UIN Syarif Hidayatullah Gagas Museum Baitul Maqdis

Nur Hadis Editor : Ali Farkhan Tsani - 2 jam yang lalu

2 jam yang lalu

17 Views

Jakarta, MINA – Aqsa Working Group (AWG) dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta menggagas rencana pembuatan Museum Baitul Maqdis.

Hal ini disampaikan Sekretaris AWG, Yusuf Maulana usai beraudiensi dengan Wakil III Dekan Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Syarif Hidayatullah, Prof. Usep Abdul Matin, S.Ag., M.A., M.A., Ph.D, bersama Ketua Prodi Sejarah dan Peradaban Islam FAH UIN Syarif Hidayatullah, Dr. Zakiyah Darojat, M. A., Jumat (25/10).

Yusuf mengatakan, Museum Baitul Maqdis ini sebenarnya merupakan wacana yang sudah tercetus dari setahun yang lalu bersama FAH UIN Syarif Jakarta saat gelaran kegiatan tahunan AWG, Bulan Solidaritas Palestina (BSP) digelar November tahun lalu.

“Tahun lalu kita sepakati bersama FAH UIN akan membuat semacam Palestine Corner sebagai bentuk edukasi dan peningkatan literasi masyarakat terkait Al-Aqsha dan Palestina,” ujarnya.

Baca Juga: Ribuan Massa Gelar Aksi “Jumat Berduka” di Kedutaan AS Bela Palestina

“Hari ini, disepakati akan menghadirkan Museum Baitul Maqdis. Ini sejalan juga dengan tema BSP 2024, Urgensi Literasi dan Edukasi untuk Pembebasan Baitul Maqdis dan Masjid Al-Aqsha,” kata Yusuf yang hadir bersama panitia BSP 2024.

Sementara Prof. Usep menyambut baik rencana kehadiran Museum Baitul Maqdis.

“Kehadiran Museum Baitul Maqdis ini nantinya akan menambah fakta kebenaran sejarah Palestina. Dengan adanya kerjasama ini mudah-mudahan bisa menumbuhkembangkan kesadaran tentang sejarah yang sebenarnya melalui pendekatan akademis,” katanya.

Ketua Prodi Sejarah dan Peradaban Islam, Dr. Zakiyah Darojat, M. A., dalam kesempatan yang sama menyampaikan rencana Museum Baitul Maqdis ini telah disepakati akan digelar soft launching-nya pada Baitul Maqdis Digital and Virtual Expo yang merupakan rangkaian kegiatan BSP di UIN Syarif Jakarta.

Baca Juga: IKADI Buka Program Mualaf Center

“Kita akan libatkan Organisasi Mahasiswa (ORMAWA) dalam Expo ini nantinya. Selain launching, kita juga akan gelar bedah buku terkait Palestina yang akan dilaksanakan pada pekan ketiga November,” katanya. (bad)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Anggota DPR Desak Pemerintah Perkuat Pengawasan Produk Makanan Impor

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Palestina
Indonesia