Banjarnegara Dapat 11 Ahli Kesehatan dalam Program Nusantara Sehat

, MINA – Banjarnegara satu-satunya kabupaten di Jawa Tengah yang mendapat Program Nusantara Sehat, dalam upaya mendukung program tersebut 11 orang tenaga kesehatan penugasan khusus individual (NSI) telah tiba di Banjarnegara, Jumat (1/2).

Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono mengatakan, ia merasa sangat bahagia dengan datangangnya para tenaga ahli di bidang kesehatan. Dia mengaku sering berdiskusi dengan Kepala Dinas Kesehatan untuk mencari solusi mengatasi kekurangan tenaga ahli kesehatan.

“Karena ketersediaan tenaga kesehatan yang memadai merupakan salah satu faktor pendukung dalam percepatan derajat kesehatan masyarakat. Maka saya sangat berbahagia dengan datangnya tenaga ahli bidang kesehatan,” katanya saat menyambut ahli kesehatan di Pendapa Dipayuda, Jumat, sebagaimana keterangan persnya yang dilaporkan Humas Kabupaten Banjarnegara.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara dr. Ahmad Setiawan M. Kes menjelaskan, tim ini merupakan periode pertama di tahun 2019 dan akan bertugas selama dua tahun.

“Gaji dan operasional semua ditanggung Kementerian Kesehatan,” ujarnya.

Ahmad mengatakan, kesebelas tenaga ahli kesehatan terdiri atas 1 orang dokter umum, 1 dokter gigi, 4 ahli gizi, 2 tenaga farmasi, serta ahli teknologi laboratorium medik sebanyak 3 orang.

Dia menyebutkan, para ahli itu berasal dari berbagai penjuru tanah air, seperti Nangroe Aceh Darussalam, Sumatera dan Sulawesi. Namun, ada pula yang terdekat yakni dari Banyumas dan Kebumen.

“Adapun tempat tugas telah ditentukan di unit kerja strategis yakni Puskesmas Batur 1, Puskesmas 2, Puskesmas Punggelan 2 dan Puskesmas Pandanarum,” jelasnya. (L/B02/RS3/R01)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.