Curah Hujan Tinggi di Wilayah Banjarnegara, Masyarakat Diimbau Waspada Bencana

, MINA – Curah di wilayah Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah, cukup tinggi akhir-akhir ini. Masyarakat diimbau waspadai alam seperti longsor, pohon tumbang dan banjir bandang.

Imbauan itu disampaikan Polres Banjarnegara dengan memasang spanduk dan banner ajakan bencana yang dipasang di beberapa titik pada Jumat (5/11).

Kapolres Banjarnegara AKBP Fahmi Arifrianto melalui Kasat Samapta AKP Agustinus Krisdwiantoro mengatakan, imbauan dilakukan mengingat saat ini curah hujan di wilayah Banjarnegara khususnya, cukup tinggi dan dapat memicu terjadinya bencana alam, terutama tanah longsor, mengingat sebagian besar wilayah Banjarnegara daerah pegunungan.

“Sebagai salah satu upaya pengurangan risiko bencana di Banjarnegara, kami terus bersinergi bersama instansi terkait menghimbau masyarakat agar waspada terhadap bencana alam, khususnya di daerah rawan bencana,” katanya.

Pemasangan spanduk dilakukan di daerah rawan longsor, antara lain di wilayah Kecamatan Banjarmangu, Punggelan, Pandanarum, Kalibening, Wanayasa, Karangkobar, Pagentan, Pejawaran, Batur, Madukara, Susukan, Sigaluh.

“Sampai saat ini banner imbauan untuk waspada bencana sudah terpasang di 60 titik, nanti sekitar 80-an, sisanya menyusul,” ujarnya.

Pemasangan banner bertujuan agar masyarakat lebih waspada terhadap bencana, mengingat potensi bencana cukup besar di saat ini curah hujan tinggi.

“Siapa saja yang melintas di daerah itu, mereka akan tahu daerah itu rawan bencana, sehingga meningkatkan kewaspadaan,” ucapnya.

Ia menambahkan, masyarakat agar berhati-hati dan waspada, terutama warga yang tinggal di lereng gunung dan daerah rawan bencana.

“Saat berkendara kemudian turun hujan tingkatkan kewaspadaan, jangan parkir dibawah pohon, jangan membuang sampah di sungai, apabila terjadi musibah segera cari tempat aman dan lapor pihak terkait,” tandasnya. (L/B02/B04)

Mi’raj News Agency (MINA) 

Wartawan: Zaenal Muttaqin

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.