Bashir Mundur dari Kepemimpinan Partai Berkuasa Sudan

Khartum, MINA – Presiden Sudan Omar al-Bashir pada Jumat (1/3), mengundurkan diri dari kepemimpinan Partai Kongres Nasional (NCP) yang berkuasa di Sudan, kata partai itu dalam sebuah pernyataan.

Langkah ini diumumkan setelah pertemuan panjang biro politik partai, yang berakhir Jumat pagi, Anadolu Agency melaporkan

Menurut pernyataan itu, Ahmed Haroun, mantan Gubernur Negara Bagian Kordofan Selatan Sudan, akan bertindak sebagai ketua sementara sampai ketua partai tetap ditunjuk di kongres umum NCP berikutnya.

Dalam pernyataan, dinyatakan, partai telah menerima keputusan Bashir untuk mengalihkan tanggungjawabnya sebagai pemimpin NCP kepada wakilnya, Ahmed Haroun.

“Kami percaya inisiatif ini akan berkontribusi pada keamanan dan stabilitas negara,” tambah pernyataan itu.

Haroun menjabat sebagaiSgubernur Kordofan Selatan hingga 2014. Sebelum itu, ia pernah menjabat sebagai menteri urusan kemanusiaan dan menteri negara di Kementerian Dalam Negeri Sudan.

Pada 2007, Haroun didakwa oleh Pengadilan Kriminal Internasional atas tuduhan kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan di wilayah Darfur, Sudan. (T/Ast/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.