Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Bertemu Sekjen PBB, Menlu RI Bahas Perkembangan di Afghanistan

sajadi - Selasa, 20 Februari 2024 - 10:55 WIB

Selasa, 20 Februari 2024 - 10:55 WIB

6 Views

Doha, MINA – Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi menghadiri undangan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB Antonio Guterres di Doha, Qatar, Senin (19/2) untuk membahas perkembangan di Afghanistan.

Pertemuan yang melibatkan perwakilan dari beberapa negara lain seperti China, Jepang, India, dan Pakistan itu membahas tindak lanjut asesmen independen Sekjen PBB mengenai Afghanistan.

“Secara garis besar, laporan/asesmen tersebut menyampaikan situasi Afghanistan saat ini, prioritas kunci yang dapat dilakukan, dan rekomendasi termasuk bagaimana melakukan engagement, serta bagaimana dapat membantu rakyat Afghanistan,” kata Retno dalam konferensi pers video, Selasa (20/2).

Dalam pertemuan, Menlu RI Retno menyampaikan beberapa hal, antara lain, Indonesia menyambut baik assesmen Sekjen PBB mengenai situasi
Afghanistan dan menekankan pentingnya engagement perlu terus dilakukan dengan Taliban atau De Facto Authority (DFA), terutama mengenai isu perempuan.

Baca Juga: Bertemu Raja Malaysia, Prabowo Sampaikan Komitmen Kerja Sama Bilateral

“Indonesia menyarankan bahwa isu perempuan harus terus disertakan sebagai salah satu prioritas dalam engagement komunitas internasional dengan Taliban,” ujarnya.

Menlu menjelaskan, Indonesia merujuk laporan UN Women yang mengatakan bahwa sejak berkuasa Agustus 2021, terdapat 50 dekrit Taliban yang mengikis hak-hak perempuan dan tidak ada yang dibatalkan sampai saat ini.

Indonesia juga sepakat dengan rekomendasi Sekjen PBB mengenai penunjukkan Utusan Khusus Sekjen PBB untuk isu Afghanistan. (T/RE1/B04)

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Sebanyak 6.251 Siswa di Mesir Selesaikan Hafalan Al-Quran Sekali Duduk

Rekomendasi untuk Anda

Palestina
Internasional
Palestina
MINA Millenia
MINA Sport
MINA Health
Asia
Indonesia