Biden dan Xi Jinping Sepakat Buka Ruang Dialog

Pertemuan Presiden Joe Biden dan Preisden Xi Jinping di Bali (foto: AP/Alex Brendon)

Bali, MINA – Presiden Amerika Serikat, Joe Biden bertemu dengan Presiden China, Xi Jinping di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, Bali, Senin (14/11).

Biden dan Xi dalam kesempatan tersebut bersepakat membuka ruang dialog untuk membahas tantangan dunia ke depan.

“Saya sangat senang dapat bertemu anda secara langsung. Saya rasa ini merupakan kesempatan yang baik sejalan dengan komitmen saya untuk selalu menjaga komunikasi yang baik dengan anda,” ujar Biden seperti dikutip dari laman resmi pemerintah Amerika Serikat.

Biden menilai saat ini dunia global dihadapkan pada tantangan seperti perubahan iklim, ketahanan energi serta ketahanan pangan. Menurutnya tantangan ini bisa dipecahkan dengan kolaborasi.

“Saya percaya dunia mengharapkan Amerika dan China memainkan peran kunci dalam mengatasi tantangan global saat ini,” ujar Biden.

Ini adalah pertemuan pertama mereka sejak Biden menjabat hampir dua tahun lalu.

Sementara itu, Xi mengatakan status hubungan China-AS saat ini tidak menguntungkan kedua negara dan berharap dapat bekerja sama dengan Biden.

“Saya siap untuk seperti yang selalu kami lakukan, melakukan pertukaran pandangan yang jujur dan mendalam dengan Anda, mengenai isu-isu strategis yang penting dalam hubungan China-AS dan isu-isu global dan regional utama,” kata Xi seperti dikutip dari Voice of America.

Pertemuan Xi dan Biden terjadi di tengah meningkatnya ketegangan ekonomi dan keamanan antara kedua negara adidaya itu saat mereka bersaing untuk mendapatkan pengaruh global. (T/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.