Boneka Berhijab “Salam Sisters” Telah Mendunia

Dubai, MINA – Boneka cantik untuk anak-anak yang diluncurkan pertengahan tahun 2018 lalu dengan nama ‘Salam Sisters’ ,oleh desainer Peter Gould, perancang muslim terkenal dan pengusaha kreatif yang diakui secara global untuk proyek-proyek positif dan menginspirasi.

Salam Sisters merupakan serangkaian boneka yang terdiri dari lima karakter dan nama berbeda. Boneka hijab itu masing-masing memiliki nama: Maryam, Layla, Karima, Nura, dan Yasmina. Kelima boneka tersebut mewakili ras berbeda, yang dapat kita lihat dari warna rambut dan kulit, serta bentuk matanya.

Dilansir dari Huffpost, ‘Salam Sisters’ diluncurkan oleh perusahaan yang bermarkas di Dubai, Zileej, dan merupakan sebuah perusahaan kreatif berbasis agama yang ingin membantu gadis-gadis Muslim yang merasa terhubung dengan komunitas mereka dan nyaman dengan identitasnya.

Peter Gould selaku pemilik Zileej juga mengungkapkan, ia memiliki ide membuat boneka hijab saat ingin memberikan hadiah kepada anaknya. Menurutnya, sangat bagus jika ada boneka yang merepresentasikan muslim dan perbedaan budaya.

“Konsep Salam Sisters terinspirasi dari dua putri saya dan pengalaman saya sebagai orang tua muslim. Setelah berbicara dengan orang tua lainnya, kami menyadari kebutuhan untuk mengembangkan beberapa karakter yang berbeda dan menyenangkan, untuk menginspirasi generasi muslim selanjutnya dalam membuat perubahan positif di dunia,” ungkap Peter dilansir dari website resmi ‘Salam Sisters’.

Boneka ‘Salam Sisters’ dipresentasikan dengan lima karakter yang mewakili  berbagai latar belakang ras dan etnis berbeda, mencerminkan keberagaman global yang ada di muka bumi ini. Boneka itu juga diberi berbagai atribut dan contoh profesi yang terinspirasi dari sosok pemuda muslim berprestasi di dunia nyata. Seperti, jurnalis, astronomi, seni, olahragawan, sejarawan, dan pemimpin di bidang sosial.

“Masing-masing nama karakter boneka itu memiliki latar cerita yang inspiratif. Contohnya Yasmina, yang terinspirasi dari tokoh muslim Yasmin Abdel-Magied, seorang jurnalis yang aktif di kegiatan kemanusiaan,” ujar Peter sebagaimana dilansir dari World Religion News.

Pada peluncuran pertama rangkaian boneka yang bertujuan untuk menginspirasi generasi muda gadis Muslim itu, telah mendapat respon positif dari berbagai negara, seperti di Inggris, Amerika Serikat, Indonesia, Perancis, Arab Saudi, dan Australia.

Selain itu, ‘Salam Sister’ juga telah menarik perhatian media internasional dari Huffpost, Buzzfeed, Nowthis, ABC, Inc Arabia, dan masih banyak lagi.

Dilansir dari Iqnanews, di dalam kotak boneka Salam Sisters ini ada buku cerita, sisir dan dua helai kerudung sehingga anak-anak perempuan dapat bermain dengan mereka, sambil mempelajari catatan pendidikan dengan membaca kisah setiap kehidupan boneka. Di setiap buku, telah diinspirasikan kehidupan sejati para wanita Muslim dan telah diceritakan kisah hidup dan narasi kesuksesan mereka.

Sementara itu, dukungan luar biasa dari umat Islam dikirimkan melalui pesan dan respon positif yang diberikan oleh mereka dari berbagai belahan dunia, seperti salah satu pesan yang dikirim, “Jazakallah khair untuk mendesain boneka indah yang benar-benar mewakili kita! Sebagai Muslim dan komunitas etnis yang beragam. Kami menyukai mereka!”

Perusahan Zileej sebagai perusahaan internasional yang memiliki cabang di berbagai negara, termasuk Turki, UEA, Australia, dan Kanada, sedang berusaha memperkenalkan gaya hidup Islami kepada masyarakat dunia dengan membuat mainan dan permainan edukatif.

Saat ini boneka “Salam Sisters” telah masuk di Inggris, Amerika Serikat, Indonesia, Perancis, Arab Saudi, dan Australia dan juga dapat dibeli secara online dari mana saja di belahan dunia melalui Zileej. (AT/Ais/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)