BPBD DKI Gelar Pembinaan Pelatihan Bagi Aparatur, Relawan dan Potensi Masyarakat Lainnya

(Foto: PPID DKI)

Jakarta, MINA – Badan Daerah () menggelar kegiatan pembinaan dan pelatihan bagi aparatur, relawan dan potensi masyarakat lainnya dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana mulai 18 Mei hingga 24 Juni 2022.

Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji, menjelaskan, pembinaan ini dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran dan pemahaman dari setiap aparat, relawan, dan masyarakat terhadap berbagai ancaman bencana yang ada di Jakarta.

“Dengan total penduduk mencapai lebih dari 10 juta jiwa, Jakarta memiliki kerentanan terhadap berbagai jenis bencana. Selain itu, kawasan Jakarta juga dekat dengan jalur gempa Selat Sunda dan Sesar Baribis, serta dilalui oleh 13 aliran sungai yang membelah Jakarta. Oleh karena itu kegiatan ini sangat penting dan dibutuhkan,” ujar Isnawa di Jakarta, dalam rilis PPID DKI Kamis (19/5).

Lebih lanjut, Isnawa mengatakan, pada kegiatan pembinaan ini, akan diberikan materi seputar pertolongan pertama bagi korban bencana, pengetahuan kesiapsiagaan, dan teknik evakuasi mandiri ketika terjadi gempa bumi dengan melibatkan para ahli yang berkompeten dalam bidangnya.

Kegiatan ini dilakukan sesuai dengan amanat UU Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana yang mengatur keterlibatan lembaga-lembaga nonpemerintah dalam berbagai bentuk kerelawanan untuk pengurangan risiko bencana.

Selain itu, kegiatan ini juga sudah dilaksanakan sejak 2018 dan diselenggarakan pada 50 lokasi yang berbeda setiap tahunnya pada kantor pemerintah dan komunitas relawan yang berada di lokasi rawan bencana.

“Adapun pada tahun ini, akan dilakukan pada 50 titik lokasi yang berada di kawasan rawan bencana di wilayah DKI Jakarta, seperti di kantor-kantor kelurahan, komunitas masyarakat, seperti Bang Japar, Bagana, Balakar, ojek online, serta lembaga masyarakat seperti Menwa Jayakarta, Kwarda Pramuka, LDDKAJ, dan lainnya,” imbuh Isnawa.(R/R1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)