BPJPH Asesmen Lembaga Halal AS

Chicago, MINA – Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal () Kementerian Agama telah melakukan asesmen terhadap Islamic Food and Nutrition Council of America (IFANCA) di Chicago, Illinois, Amerika Serikat (AS). Kepala BPJPH Aqil Irham mengatakan, ini bagian dari proses saling pengakuan dan keberterimaan antara Indonesia dan AS terkait Jaminan Produk Halal (JPH).

“Alhamdulillah BPJPH telah menyelesaikan proses asesmen atas IFANCA. Ini merupakan Luar Negeri (LHLN) kedua yang kita asesmen,” kata Aqil Irham jelang kepulangannya ke tanah air, di Bandara Internasional O’Hare Chicago, Selasa (27/9).

Aqil menjelaskan, pelaksana asesmen tersebu terbagi menjadi dua tim. Pertama, tim asesmen teknis yang terdiri dari Amar Bramantiyo dan Abdul Qodir. Kedua, tim asesmen syariah (Halal Islamic Affairs Expertise) yang terdiri dari Siti Aminah dan Fertiana Santy. Proses asesmen berlangsung selama tiga hari mulai 21-23 September 2022.

Tim asesmen disambut oleh Rabbi Sholem Fishbane selaku Kashrus Administrator, yang juga merupakan executive director dari AKO (Association of Kashrus Organizations).

“Adapun metode asesmen yang dilakukan meliputi data review, interview, dan on-site observation,” Ujar Aqil.

Ia menambahkan, pihaknya mengapresiasi upaya IFANCA untuk mengajukan akreditasi. Ini menjadi sinyal positif bagi perluasan ekosistem halal global. Aqil mengatakan, pentingnya kolaborasi dan kerja sama yang baik untuk pengembangan pasar halal global.

“Bila sudah ada lembaga yang memenuhi syarat dan standar Indonesia terkait jaminan produk halal, rekan pengusaha ekspor dari Amerika tidak repot untuk mensertifikasi halal produknya dan bisa masuk ke pasar Indonesia,” jelas Aqil.

Sebelumnya, pada Juni 2022, BPJPH juga telah melakukan asesmen atas pengajuan akreditasi dan saling keberterimaan (accreditation and mutual recognition & acceptance /MRA) Korea Muslim Federation (KMF), di Seoul, Korea Selatan.

Aqil mengatakan, saat ini BPJPH telah menerima pengajuan akreditasi dari 97 LHLN yang berasal dari lebih 40 negara.

Dalam kunjungan kerja yang berlangsung sejak 21 September 2022, tim Asesmen juga mengunjungi Chicago Rabbinical Council di Chicago untuk berdiskusi tentang mekanisme proses sertifikasi kosher di Amerika. (R/R5/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)