BRIN Targetkan Riset Ekspedisi Besar-Besaran Tahun Ini

Kepala BRIN, Laksana Tri Handoko (tengah) dalam konferensi pers di kantornya pada Ahad, 28 April 2024. (Foto: Rana/MINA)

Jakarta, MINA – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menargetkan akan melakukan penelitian berbasis ekspedisi dengan skala besar pada tahun ini.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala BRIN, Laksana Tri Handoko dalam konferensi pers Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-3 BRIN di Gedung BRIN, Jakarta Pusat, Ahad (28/4).

Laksana menjelaskan, selama dua tahun terakhir, BRIN fokus pada pengumpulan sumber daya. Untuk itu, pada tahun ketiga ini, lembaganya akan melakukan riset dengan skala besar.

“Bahwa kita (BRIN) itu harus menjadi jangkar, penarik riset dan inovasi secara nasional, melalui riset-riset dengan platform-platform yang memang besar,” ujar Laksana.

Menurutnya, riset yang berbasis ekspedisi memerlukan sumber daya yang besar. Katanya, peran BRIN sangat dibutuhkan.

Baca Juga:  Jamaah Haji Indonesia Mulai Berangkat Ahad 12 Mei

“Riset yang terkait dengan basisnya ekspedisi, seperti ekspedisi di laut, yang besar-besaran, memakai armada kapal riset, kemudian juga ekspedisi di darat, terkait dengan biologi struktur, riset yang memang raksasa, yang membutuhkan sumber daya besar,” katanya.

Laksana juga mengatakan, pada tahun ini BRIN memulainya dengan ekspedisi arkeologi secara besar.

“Jadi kita mulai tahun ini sudah mulai masuk di situ, kami ada 11 platform, termasuk ekspedisi arkeologi yang besar-besaran, kita mulai tahun ini,” ujarnya.

Laksana berharap pemerintah yang baru ke depan melanjutkan program-program unggulan BRIN yang tengah dilakukan.

“Justru, peran BRIN harus bisa membantu pemerintah dengan memberikan solusi atas masalah berdasarkan ilmu pengetahuan,” tambahnya.[]

Baca Juga:  Kematian DBD Hampir 3 Kali Lipat, Kemenkes Imbau Edukasi 3M

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Rendi Setiawan