BWA Salurkan 350 Paket Sedekah Ramadhan ke Pelosok Desa

(Foto: Istimewa)

Jakarta, MINA – Badan Wakaf Al Qur’an () kembali menyalurkan 350 paket sembako melalui program Ramadhan yang rutin dilakukan sejak Ramadhan tahun lalu.

Dalam pendistribusian tahun ini BWA melibatkan dai daerah di pelosok desa/kampung.

Direktur Eksekutif BWA Heru Binawan mengatakan kepada media, Rabu (19/4), setiap paket berisi 3kg beras, 5 pcs mie instan, 1kg gula pasir, 1 liter minyak goreng, dan biskuit.

“Kami menyiapkan 350 paket sembako yang kami sebar kepada dhuafa dan mualaf di beberapa lokasi. Di antaranya Kecamatan Aceh Besar dan Kota Lhokseumawe, Kecamatan Ketapang dan Sintang di Kalimantan Barat, dan terakhir di Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan,” tutur Heru.

Dikatakan Heru, penyaluran dibantu relawan Komite Peduli Muslim Pedalaman.

Baca Juga:  USK Berikan Pelayanan Maksimal kepada Peserta SNBT Difabel

Paket yang telah disalurkan di pedalaman Sintang, meliputi Desa Benua Baru, Desa Pudau Bersatu,Desa Mangkurat Baru, dan Desa Tinum yang keseluruhannya masuk ke dalam Kecamatan Tempunak, Kabupaten Sintang.

“Keseluruhan penerima manfaat paket sembako merupakan dhuafa dan mualaf dari suku Dayak pedalaman,” tambah Heru.

Lebih jauh Heru mengatakan, tantangan yang dihadapi tim dai pedalam cukup berat. Mereka harus melewati jalur sungai dengan perahu untuk menuju lokasi.

Terkadang mereka juga harus menggunakan sepeda motor sebab akses jalan ke lokasi tidak bisa dijangkau dengan kendaraan roda empat karena berada di tengah hutan.

“Alhamdulillah, para mualaf sangat bahagia menerima paket tersebut. Mereka sangat terbantu,” tutur Heru.

Baca Juga:  Menlu Retno Bahas Persiapan Evakuasi WNI di Timur Tengah

Sementara itu, sebanyak 100 paket sembako juga telah disalurkan kepada dhuafa yang tinggal di Kecatan Hilir Utara, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, yang terbagi di tiga kampung. Para dhuafa di kampung ini senang dan terbantu sekali.

Serupa dengan tim dai di pedalaman Sintang dan Ketapang, hal yang sama juga dialami tim dai yang ada di pedalaman Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan.

Untuk menyalurkan bantuan mereka menggunakan tiga sepeda motor yang dilengkapi tas tambahan agar 50 paket sembako dapat tersalurkan kepada dhuafa dan mualaf di kampung yang letaknya ada di pedalaman.

Kondisi jalan yang berbukit dan dan berlumpur sehabis hujan semalam menjadikan tim mengalami kesulitan untuk melaju cepat. Beberapa kali tim harus bahu membahu mendorong kendaraan agar terbebas dari lumpur. Alhamdulillah setelah melewati itu semua tim tiba di lokasi yang dituju.

Baca Juga:  Mau Pergi Haji, Ini Perlengkapan yang Harus Dibawa

“Kami tidak melihat dari banyaknya isi paket, akan tetapi bentuk kepedulian BWA yang kami lihat, semoga semua kebaikan diterima Allah SWT,” tutur penerima bantuan di pedalaman Pinrang.

Sebanyak 100 paket Sedekah Ramadhan juga tersalurkan kepada para dhuafa yang tinggal di sekitar Aceh Besar hingga Lhokseumawe.

Penyaluran bantuan terbagi menjadi beberapa titik meliputi Desa Tumpok Teungoh, Desa Batupath Timur, Desa Uteunkot, dan Desa Meunasah yang dimana kelima desa ini masuk kedalam di Kota Lhokseumawe.

Ditambah satu desa yang ada di Kabupaten Aceh Utara, yakni Desa Paya Dua.(R/R1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.