Cara Menaikkan Semangat Beribadah di Bulan Ramadhan

oleh: Widi Kusnadi, wartawan MINA

merupakan bulan yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat Islam di seluruh dunia. Di Indonesia dan negeri-negeri mayoritas Muslim, kehadiran bulan Ramadhan membuat bahagia tidak hanya umat Islam saja, tetapi juga umat non-Muslim ikut gembira dengan kedatangannya. Umat non-Muslim juga ikut merasakan keberkahan bulan Ramadhan.

Khususnya bagi para pedagang, bulan Ramadhan menjadi keberkahan buat mereka. Di bulan itu, banyak masyarakat membeli barang-barang kebutuhan, mulai dari makanan untuk berbuka, pakaian untuk hari raya, hingga kebutuhan mudik ke kampung halaman mengunjungi orang tua dan sanak saudara.

Harga-harga barang kebutuhan menjelang dan selama bulan Ramadhan juga mengalami seiring permintaan masyarakat yang terus meningkat. Apalagi setelah pandemi, masyarakat sudah kembali berkativitas secara normal seperti halnya sebelumnya.

Namun, bagi umat Islam, kenaikan harga-harga itu harus pula diiringi dengan naiknya semangat dalam beribadah di bulan Ramadhan. Dengan naiknya semangat beribadah, hal itu tentunya juga akan menaikkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah Subhanahu wa Taโ€™ala.

Jangan sampai semangat kita dalam beribadah, kalah dengan naiknya harga-harga kebutuhan pokok di pasar. Jangan sampai naiknya harga-harga itu diikuti pula dengan naiknya tekanan darah dan asam urat kita.

Bagaimana cara menaikkan semangat kita dalam beribadah di bulan Ramadhan ini:

Pertama, memahami keutamaan bulan Ramadhan.

Dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah Ra bahwasanya Rasulullah Shallallahu alaihi Wasalam bersabda:

ู…ูŽู†ู’ ุตูŽุงู…ูŽ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ุฅููŠู…ูŽุงู†ู‹ุง ูˆูŽุงุญู’ุชูุณูŽุงุจู‹ุง ุบูููุฑูŽ ู„ูŽู‡ู ู…ูŽุง ุชูŽู‚ูŽุฏูŽู‘ู…ูŽ ู…ูู†ู’ ุฐูŽู†ู’ุจูู‡ู

โ€œBarangsiapa berpuasa Ramadhan atas dasar iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni.โ€ (HR. Al-Bukhari).

Dalam kitab Fathul Baari dijelaskan, yang dimaksud berpuasa atas dasar iman yaitu berpuasa karena meyakini akan kewajiban puasa. Sedangkan yang dimaksud ihtisaban adalah mengharap pahala dari Allah Taโ€™ala.

Puasa Ramadhan merupakan sebab masuk surga. Hal itu berdasarkan hadits:

ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠ ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุฌูŽุงุจูุฑู ุจู’ู†ู ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุงู„ู’ุฃูŽู†ู’ุตูŽุงุฑููŠู‘ู ุฑูŽุถููŠูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู†ู’ู‡ูู…ูŽุง: “ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุฑูŽุฌูู„ู‹ุง ุณูŽุฃูŽู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ: ุฃูŽุฑูŽุฃูŽูŠู’ุช ุฅุฐูŽุง ุตูŽู„ู‘ูŽูŠู’ุช ุงู„ู’ู…ูŽูƒู’ุชููˆุจูŽุงุชูุŒ ูˆูŽุตูู…ู’ุช ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽุŒ ูˆูŽุฃูŽุญู’ู„ูŽู„ู’ุช ุงู„ู’ุญูŽู„ูŽุงู„ูŽุŒ ูˆูŽุญูŽุฑู‘ูŽู…ู’ุช ุงู„ู’ุญูŽุฑูŽุงู…ูŽุŒ ูˆูŽู„ูŽู…ู’ ุฃูŽุฒูุฏู’ ุนูŽู„ูŽู‰ ุฐูŽู„ููƒูŽ ุดูŽูŠู’ุฆู‹ุงุ› ุฃูŽุฃูŽุฏู’ุฎูู„ู ุงู„ู’ุฌูŽู†ู‘ูŽุฉูŽุŸ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ู†ูŽุนูŽู…ู’”. ุฑูŽูˆูŽุงู‡ู ู…ูุณู’ู„ูู…ูŒ

Abu Abdillah Jarir Al-Anshari Radhiallahu anhu, menerangkan, ada seorang lelaki yang bertanya kepada Rasulullah Shallallahu alaihi Wasalam, ”Bagaimana pendapatmu jika aku telah mengerjakan sholat maktubah (sholat fardhu lima waktu), berpuasa Ramadhan, menghalalkan yang halal dan mengharamkan yang haram, dan aku tidak menambahnya dengan suatu apapun. Apakah aku bisa masuk surga?” Rasul menjawab, ”Ya.” (HR Muslim).

Ramadhan juga merupakan bulan terkabulnya doa, sebagaimana Rasulullah Shallallahu alaihi Wasalam bersabda:

ุฅูู†ู‘ูŽ ู„ูู„ู‘ู‡ู ููู‰ ูƒูู„ู‘ู ูŠูŽูˆู’ู…ู ุนูุชู’ู‚ูŽุงุกูŽ ู…ูู†ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุงุฑู ููู‰ ุดูŽู‡ู’ุฑู ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ,ูˆูŽุฅูู†ู‘ูŽ ู„ููƒูู„ู‘ู ู…ูุณู’ู„ูู…ู ุฏูŽุนู’ูˆูŽุฉู‹ ูŠูŽุฏู’ุนููˆู’ ุจูู‡ูŽุง ููŽูŠูŽุณู’ุชูŽุฌููŠู’ุจู ู„ูŽู‡ู

โ€Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan, dan setiap muslim apabila dia memanjatkan doโ€™a, akan dikabulkan.โ€ (HR. Al-Bazaar)

Bulan Ramadhan, Allah Taโ€™ala melipatgandakan pahala tanpa batas. Hal itu berdasarkan hadits:

ูƒูู„ู‘ู ุนูŽู…ูŽู„ู ุงุจู’ู†ู ุขุฏูŽู…ูŽ ูŠูุถูŽุงุนูŽูู ุงู„ู’ุญูŽุณูŽู†ูŽุฉู ุนูŽุดู’ุฑู ุฃูŽู…ู’ุซูŽุงู„ูู‡ูŽุง ุฅูู„ูŽู‰ ุณูŽุจู’ุนู…ูุงุฆูŽุฉ ุถูุนู’ูู ุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽุฒู‘ูŽ ูˆูŽุฌูŽู„ู‘ูŽ : ุฅูู„ู‘ูŽุง ุงู„ุตู‘ูŽูˆู’ู…ูŽ ููŽุฅูู†ู‘ูŽู‡ู ู„ููŠ ูˆูŽุฃูŽู†ูŽุง ุฃูŽุฌู’ุฒููŠ ุจูู‡ู

“Semua amal Bani Adam akan dilipat gandakan kebaikan sepuluh kali sampai tujuh ratus kali lipat. Allah Azza Wa Jallah berfirman, โ€˜Kecuali puasa, maka ia untuk-Ku dan Aku yang akan memberikan pahalanya.” (HR Muslim)

Kedua, berada di lingkungan orang-orang sholeh

Manusia itu laksana sekawanan burung, memiliki naluri untuk berkumpul dengan sejenisnya. Oleh karena itu, jika kita ingin menjadi orang shalih, hendaklah berusaha berkawan dan berkumpul dengan orang-orang shalih. Allรขh Azza wa Jalla berfirman:

ูŠูŽุง ุฃูŽูŠู‘ูู‡ูŽุง ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ุขู…ูŽู†ููˆุง ุงุชู‘ูŽู‚ููˆุง ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ูˆูŽูƒููˆู†ููˆุง ู…ูŽุนูŽ ุงู„ุตู‘ูŽุงุฏูู‚ููŠู†ูŽ

Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allรขh, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar (jujur).โ€ [At-Taubah:119]

Lingkungan yang baik akan membantu kita menjaga semangat dalam beribadah. Orang-orang di sekitar kita akan mengingatkan dan memberi nasihat apabila kita mengalami penurunan semangat.

Maka, berkumpul dengan orang-orang shaleh akan sangat membantu kita dalam menjaga dan memelihara semangat dalam ibadah, khususnya di bulan Ramdhan ini.

Ketiga, mengurangi aktivitas keduniaan

Setelah selama sebelas bulan lamanya kita sibuk dalam urusan dunia kita. Maka di momen bulan Ramadhan ini, mari kita proiritaskan ibadah kepada Allah Ta’ala. Aturlah jadwal aktifitas sesuai dengan target-target yang kita tetapkan.

Prioritaskan kegiatan ibadah, baik berupa ibadah mahdhah, seperti shalat berjamaah, shalat tarawih, tadarus Al-Qurโ€™an, juga ibadah sosial seperti memberi bantuan kepada keluarga dan saudara yang membutuhkan, memberi santunan kepada fakir miskin, dan kegiatan sosial lainnya.

Wallahu aโ€™lam bis Shawab. (A/P2/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.