PERTEMUAN ISTANBUL : UMMAT ISLAM HARUS AKTIF MENGHADAPI PEMANASAN GLOBAL

(Onislam.net)
(Onislam.net)

,  1 Dzulqa’dah 1436/ 15 Agustus 2015 (MINA) – Dengan anggapan tugas keagamaan, ulama Islam dan para pemimpin agama telah mempersiapkan ‘panggilan’ kepada 1,6 miliar ummat Islam di dunia, untuk aktif dalam penanggulangan akibat pemanasan global.

“Islam mengajarkan kita bahwa: ‘Manusia hanyalah pelayan memegang apa yang ada di bumi yang dipercayakan kepadanya,” kata Sheikh Shaban Ramadhan Mubaje, Mufti Uganda, dalam sebuah pernyataan yang disiarkan oleh Climate Action Network (CAN).

Pernyataan itu dikeluarkan sebagai hasil sebuah pertemuan di Istanbul, Turki, yang dihadiri oleh Badan Amal Bantuan Islam, Yayasan islam untuk Lingkungan, Green Faith dan organisasi-organisasi Islam lainnya yang peduli pada isu pemanasan global dan segala akibagt yang bisa ditimbulkannya.

“Oleh karena itu manusia harus bisa melakukan segala cara untuk melindungi bumi, untuk saat ini dan generasi mendatang, agar menjadikan dunia ini tempat lebih baik daripada sebelumnya,” demikian pernyataan hasil pertemuan Istambul yang disiarkan on Islam dan dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Sabtu.

Dalam pernyataan itu,  juga diserukan adanya aksi untuk menghadapi pemanasan global di perguruan-perguruan islam dan masjid-masjid  di seluruh dunia untuk menegaskan bahwa Islam bisa bertindak dalam memerangi perubahan iklim.

Juga menyerukan kepada negara-negara terkaya untuk mengurangi emisi secara drastis dan membantu mendukung orang yang paling rentan terhadap dampak perubahan iklim, membantu mengatasi masalah-masalah seperti  kenaikan permukaan air laut, badai yang lebih intens dan kekeringan lebih lama.

Pernyataan itu dikeluarkan setelah pertemuan pada Selasa lalu di Istanbul.

Pertemuan itu dikoordinasikan oleh tiga kelompok agama-lingkungan, jaringan organisasi non-pemerintah.

Deklarasi ulama, yang mewakili 1,6 miliar Muslim d seluruh dunia, diharapkan akan dapat diikuti dengan aksi bersama mengatasi perubahan iklim untuk menguraikan imperatif moral untuk mengurangi polusi gas rumah kaca buatan manusia dan mencegah dampak terburuk dari perubahan iklim.(T/nda/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

 

 

Wartawan: Admin

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0