CINA EKSEKUSI 13 TERDUGA TERORIS DI UIGHUR

MINA-MUSLIM UIGHUR
Seorang Muslim Uighur melintas di depan militer Cina (Gambar: REUTERS/Kyodo)
Seorang melintas di depan militer (Gambar: REUTERS/Kyodo)

, 19 Sya’ban 1435/17 Juni 2014 (MINA) – Tiga belas orang dieksekusi Senin (16/6) di daerah otonomi etnis Uighur, Xinjiang, Cina, dengan tuduhan mengorganisir kegiatan teroris, pembunuhan yang disengaja dan menghasut kerusuhan.

Kantor berita Cina Xinhua melaporkan, mereka dinyatakan terlibat dalam tujuh kasus serangan dan pembunuhan pasukan keamanan, warga sipil dan gangguan perdamaian.

Sementara itu, tiga orang lainnya dijatuhi hukuman mati di ibukota Xinjiang, Urumqi, Senin, sehubungan dengan serangan teror di dekat Lapangan Tiananmen Beijing pada Oktober 2013, Anadolu Agency yang dikutip MINA.

Pemerintah Cina tidak mengumumkan proses penuntutan kasus-kasus tersebut dan dugaan pelanggaran kepada publik.

Kampanye anti-terorisme selama setahun  berpusat di Xinjiang, tempat kelompok etnis Muslim Uighur. Kampanye itu diluncurkan oleh pemerintah pusat Cina sejak 23 Mei lalu dan akan berlaku sampai Juni 2015.

Uighur adalah sebuah kelompok etnis Turki, sekitar 45 persen dari penduduk Xinjiang. Turkistan Timur adalah nama yang digunakan untuk wilayah Xinjiang oleh beberapa anggota kelompok etnis Uighur.

Kelompok Uighur dipersalahkan atas meningkatnya kekerasan di Xinjiang dan daerah Cina lainnya, termasuk ibukota Beijing.

Pemerintah Beijing  merespon kekerasan dengan menghadirkan pasukan keamanan dan memberlakukan pembatasan terhadap hak-hak wisata, budaya dan praktik keagamaan warga Muslim Uighur. (T/P09/P04).

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

 

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0