CNN: Menlu, Menteri Pertahanan dan Kepala CIA Menentang Trump

Menteri Luar Negeri AS (kiri) dan Kepala CIA (kanan). (Foto: Wreg.com)

 

Washington, MINA – Televisi CNN melaporkan bahwa Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Rex Tillerson, Menteri Pertahanan dan Direktur CIA Mike Pompeo memprotes keputusan Presiden Donald Trump tentang status Al-Quds (Yerusalem).

Sumber administrasi senior di Gedung Putih mengatakan kepada CNN bahwa para pejabat tinggi itu memprotes Presiden AS secara pribadi.

Televisi itu menambahkan bahwa mereka menasihati Trump untuk tidak mengganggu status quo di wilayah tersebut dengan mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Demikian Times of Israel memberitakannya yang dikutip MINA.

Sementara itu, Perwakilan Khusus untuk Negosiasi Internasional Jason Greenblatt dan menantu Presiden sekaligus Penasihat Kebijakan Senior Jared Kushner, dilaporkan mendukung langkah tersebut tapi menasihati Trump untuk menunda relokasi Kedutaan Besar AS ke Yerusalem.

Sebelumnya, Trump mengatakan bahwa dia telah menginstruksikan para pejabat untuk mulai mempersiapkan langkah pemindahan.

Namun seiring itu, Trump juga menandatangani sebuah pengabaian yang menunda relokasi, setidaknya enam bulan lagi. Kedubes kemungkinan akan membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk pindah.

CNN mencatat bahwa Tillerson tidak berada di pihak Trump saat pengumuman yang mengakhiri tujuh dekade ambiguitas AS mengenai status kota Yerusalem yang disengketakan tersebut.

Namun demikian, Tillerson mengeluarkan sebuah pernyataan yang mengatakan bahwa bekerja untuk memindahkan kedutaan akan segera dimulai. (T/RI-1/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.