DD Bergerak Cepat Bantu Masyarakat Riau Korban Karhutla

Pekanbaru, MINA – Akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Riau dirasakan ratusan ribu warga wilayah itu dalam hal kesehatan, ekonomi, pendidikan dan lain sebagainya.

“Dompet Dhuafa () Riau bergerak cepat mulai Sabtu (14/09) membantu masyarakat yang membutuhkan penanganan akibat pembakaran hutan yang semakin mengancam keselamatan masyarakat Riau. Bersama komunitas, masyarakat serta aparat kami bahu-membahu untuk pemadaman api. Kualitas udara sangat menurun dari hari ke hari, jumlah penderita ISPA mulai bertambah seiring asap semakin pekat.” Demikian Ali Bastoni, Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Riau, menjelaskan dalam keterangan pers, Senin (16/9).

DD bersama para aparat serta relawan masyarakat terus melakukan pemadaman api, shalat istisqo, tebar masker, edukasi antisipasi asap, layanan kesehatan, safe house dan layanan medis mobile.

Ali mengatakan, data yang diterima oleh DD di lapangan pada tanggal 14 september 2019 mencatat terdapat 9 SKabupaten atau Kota yang terbekar antara lain Indra Hilir, Indra Hulu, Siak, Kampar, Bengkalis, Pekanbaru, Rokan Hilir, Rokan Hulu dan Pelalawan.

Sambungnya, selain itu juga terdapat 71 titik api yang menyebabkan 39.277 jiwa terkena ISPA. Pada bulan Agustus lalu sekitar 49.266 ha luas lahan yang terbakar.

Ia menjelaskan, berdasarkan data situs penyedia peta polusi air visual pada Sabtu kemarin, kualitas udara 90 % wilayah Riau terdampak kabut asap, Pekan Baru, Riau tercatat sangat tidak sehat dan berbahaya, dengan Air Quality Index (AQI) atau indeks kualitas udara sebesar 264.

Padahal kualitas udara di Jakarta yang tercatat 163 sudah termasuk tidak sehat. Sebagai lembaga kemanusiaan, Dompet Dhuafa melalui Cabang di Riau melakukan Program Tebar Masker di  15 titik se-Riau menyebarkan total 4.111 unit masker.

“Hingga kini DD membuka pos layanan sehat gratis bagi warga yang ingin memeriksakan kondisi dan ingin berobat di RS Lancang Kuning di Pekanbaru, Riau. Memberikan edukasi Antisipasi Asap bagi siswa sekolah, menyediakan Safe House (terbuka untuk umum termasuk untuk anak-anak yang membutuhkan asupan oksigen segar), di Graha Zakat Dompet Dhuafa Riau di Jl. Arifin Ahmad Komplek Perkantoran Soekarno Hatta Blok D-10, Pekanbaru, Serta  DD Riau melakukan pemadaman api di Desa Merbau, Pelalawan bersama komunitas,warga Desa dan aparat setempat”, imbuh Ali. (R/Gun/P1)

 

Mi,raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.