DD Kembangkan Program Kampoeng Ternak Nusantara

Cianjur, MINA – Lembaga filantropi Dompet Dhuafa (DD) mengembangkan program Kampoeng Ternak Nusantara (KTN) untuk memberdayakan hewan ternak dari para peternak lokal.

Etika Setiawati, GM Marketing Communication mengatakan, program tersebut dimaksudkan agar bisa meningkatkan kesejahteraan para peternak lokal, khususnya saat mendekati lebaran Idul Adha.

“Dompet Dhuafa mengembangkan program KTN untuk menghadirkan keuntungan, pertumbuhan berkesinambungan dan berkah bagi peternak dhuafa,” katanya saat meninjau salah satu mitra DD di Cianjur, Jawa Barat, Rabu (10/7).

“Sehingga mereka dan keluarganya dapat menikmati hasilnya, yaitu terwujudnya kemandirian melalui penyelenggaraan bisnis peternakan dan turunannya yang memguntungkan,” imbuhnya.

Setiap tahunnya, Etika melanjutkan, program Kampoeng Ternak Nusantara menjadi program puncak bagi Dompet Dhuafa. Menurutnya, program tersebut menjadi ladang bagi peternak yang menjadi mitra pemberdayaan tersebut.

“Kepastian pasar mereka dapatkan, termasuk menjadi garda depan penyebaran hewan kurban ke seluruh pelosok Indonesia, agar daging kurban terasa manfaatnya dan tidak menumpuk di kota-kota besar saja,” ucapnya.

Etika menjelaskan, pengadaan hewan kurban telah memenuhi standar dan mutu kualitas, termasuk juga kesehatan hewan kurban yang terseleksi oleh tim Quality Control (QC).

“Hewan kurban sudah melalui pendekatan pemberdayaan peternak lokal yang mandiri dan tahapan seleksi. Kemudian para peternak dapat memastikan kualitas hewan kurbannya Iantaran ada pendampingan,” katanya. (L/R06/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)