Delapan Festival di Kashmir, Cita Rasa “Surga di Bumi”

Festival Urs di Kashmir. (Foto: dok. Holidify.com)

dikenal sebagai “surga di bumi” dan memang demikian. Kashmir memiliki pesona dalam pemandangan lembah yang mempesona dan alam hijau, kemudian berbagai festival menambah cita rasa ekstra untuk keindahan wilayah yang diperebutkan itu.

Orang-orang mencoba untuk melupakan semua ketegangan komunal yang ada di wilayah itu dan merayakan perayaan bersama dalam damai. Ini keindahan yang menggambarkan keindahan tanah suci ini.

Di India, festival dirayakan lebih dari negara mana pun di dunia. Dan setiap festival dirayakan dengan semangat yang luar biasa, pesta mewah dan pembuatan pesta yang luar biasa. Setiap agama memiliki ratusan festival dan setiap negara bagian lainnya, membuat tanah ini terkesan suci, sakral dan kaya secara budaya.

 

Berikut ini adalah delapan festival utama di Jammu dan Kashmir yang perlu diketahui:

  1. Urs

Idul Fitri dirayakan setelah berakhirnya puasa selama sebulan di Ramzan atau Ramadhan. Pada hari ini, pertukaran permen dan pakaian baru, bertemu saudara dan keinginan berbagi melengkapi festival damai ini. Idul Adha atau Bakra Idul Fitri dirayakan pada paruh kedua setiap tahun, ketika kambing, unta atau domba dikorbankan di setiap rumah tangga Muslim.

Urs atau Ziarat adalah festival penting di Kashmir yang menyaksikan partisipasi dari Muslim, Hindu, dan Sikh. Ini adalah perayaan antarkomunitas yang besar dan dirayakan berkali-kali dalam setahun. Pada dasarnya, festival ini dirayakan pada peringatan kematian orang-orang suci Muslim terkemuka seperti Meesha Sahib, Batamol Sahib dan Bahauddin. Seringkali cuaca buruk dihadapi pada hari perayaan Urs, meskipun perayaan besar diperingati oleh orang-orang dari semua agama.

 

  1. Idul Adha Azha dan Idul Fitri

Dua festival Muslim yang paling penting dirayakan di Kashmir dalam ekstravaganza yang lengkap adalah hari raya Idul Fitri dan Idul Adha Azha. Kashmir menjadi wilayah mayoritas Muslim, perayaan menyaksikan partisipasi muslim yang besar. Meskipun Idul Fitri adalah festival yang dirayakan di seluruh dunia dan di seluruh India juga, dengan desas-desus yang hebat, tetapi sihir Kashmir membuat Idul Fitri di sini menyenangkan untuk dirayakan.

Festival Hemis di Ladakh, Negara Bagian Jammu dan Kashmir. (Foto: dok. Holidify.com)
  1. Festival Hemis

Hemis Gompa adalah biara terbesar dan terkaya di Kashmir, terletak di Ladakh tempat Hemis dirayakan dengan kemegahan dan penuh pertunjukan. Pada hari ini dinyatakan sebagai hari libur di Jammu dan Kashmir. Dirayakan untuk memperingati ulang tahun kelahiran Padmasambhava yang dikenal sebagai pendiri agama Buddha Tibet. Festival dirayakan selama dua hari di bulan kelima tahun itu, juga disebut bulan lunar Tibet, perayaan berlangsung di halaman besar biara ini. Pria berpakaian formal dan wanita juga memakai perhiasan dan tutup kepala yang berat.

Para lama menampilkan tarian ‘Chaam’ yang merupakan tarian tradisional mereka menggunakan ketukan drum, tanduk dan simbal. Pertunjukan ini sangat tradisional dalam caranya dan mencerminkan budaya Ladakh dan merupakan bagian penting dari Buddhisme Tantra. Kisah ini juga berbicara tentang perayaan kemenangan atas kejahatan untuk mengingatkan bagaimana Padmasambhava bertarung dengan gagah berani melawan setan jahat dan menang. Jika Anda pernah berada di Kashmir selama waktu itu, perayaan akan menambah bintang tambahan untuk perjalanan Anda.

 

  1. Baisakhi

Baisakhi dirayakan di seluruh negeri pada 13 April dan merupakan festival terkemuka kaum Sikh. Hari itu dirayakan sebagai Tahun Baru oleh penganut Sikh di India. Tanggal itu memulai musim panen di India. Festival ini menyaksikan perayaan besar di Kashmir, karena besarnya populasi Sikh di wilayah tersebut. Terutama dimulainya musim panen di India Utara memiliki relevansi budaya yang besar dengan Sikh Kashmir.

Festival Tulip di Srinagar, ibu kota Kashmir. (Foto: dok Skyscanner)
  1. Festival Tulip

Keberadaan ratusan Taman Tulip di seluruh Kashmir, wilayah lembah ini berkembang dengan Tulip selama musim semi. Dengan Tulip Garden terbesar di Asia, Srinagar menjadi tuan rumah bagi Festival Tulip yang luar biasa setiap tahun. Festival ini menawarkan berbagai jenis tulip yang dikumpulkan di sini. Selama musim semi, pemandangan tulip di salah satu taman ini adalah pemandangan yang harus dilihat, tidak diragukan lagi pemandangan yang memesona dan menakjubkan, terutama bagi orang non-Kashmir. Festival Tulip berlangsung di Taman Tulip Memorial Indira Gandhi di Srinagar, Kashmir. Festival ini menampilkan karya kerajinan tangan lokal, masakan lezat, program budaya dan tentu saja, Tulip.

 

  1. Festival Shikara

Jalur kehidupan dan identitas Danau Dal di Kashmir, membuat festival perahu Shikara perlu dirayakan setahun sekali. Untuk mempromosikan pariwisata, pemerintah Kashmir memulai festival ini pada 2016. Selama festival, Shikaras dicat dan berpakaian dengan indah. Shikaras berpartisipasi dalam Shikara Race, Dragon Boat Race, dan Canoe Polo Match. Program budaya lainnya juga diselenggarakan yang akan memberi Anda sekilas budaya Kashmir. Itu terjadi pada bulan Juli atau Agustus.

 

  1. Festival Gurez

Sekitar 123 km dari ibu kota Kashmir, Gurez adalah lembah yang tenang di Himalaya dengan ketinggian sekitar 8.000 kaki. Lembah yang indah memiliki sejumlah besar pemandangan indah karena terletak di Jalur Sutra kuno. Sungai Neelum mengalir di tengah-tengah lembah Gurez dan merupakan tujuan yang sempurna untuk kegiatan arung jeram sungai. Orang-orang Gurez menjadi tuan rumah festival tahunan di mana mereka memamerkan kerajinan tangan, masakan, dan budaya mereka.

Semua orang berkumpul untuk festival yang juga melibatkan kegiatan menyenangkan seperti arung jeram, trekking, zorbing, bersepeda, dll. Banyak kompetisi seperti melukis dan menggambar juga berlangsung dengan besarnya partisipasi. Banyak program musik yang menampilkan budaya Kashmir juga menyenangkan untuk dihadiri. Festival Gurez dirayakan pada bulan Juli atau Agustus di lembah Gurez yang gemilang.

 

  1. Lohri

Festival Lohri dirayakan pada 13 Januari setiap tahun, menandai akhir musim dingin puncak merayakan panen. Ini adalah festival untuk merayakan panen tanaman tebu pada bulan Januari. Orang-orang menyalakan api unggun, menyanyikan lagu-lagu, menari dan makan makanan lezat musim dingin yang terbuat dari jagung, kacang tanah, wijen, dan jaggery. Ini adalah festival populer di Punjab dan Jammu.

Negara bagian Jammu & Kashmir cukup menonjol di peta dunia. Kontroversi politik dan keindahannya yang menakjubkan mungkin menjadi alasan pertama untuk menyatakannya, tetapi perayaannya tidak kalah menarik. Festival di India berarti tarian, kemegahan dan pertunjukan, puasa, pakaian mewah, makanan lezat, keramahtamahan, dan banyak lagi. Ketika datang untuk merayakan dan pesta di festival, mungkin itu orang Hindu atau Muslim atau Buddha, Kashmir adalah pesona untuk ditonton. (AT/RI-1/P1)

 

Sumber: Holidify.com

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.