DEMO MESIR MASIH MARAK TERJADI SETELAH PEMILU

Para pendukung Mursi dengan melakukan aksi demonstrasi dengan membawa simbol pembebasan Rab'ah. Foto: Ikhwan Web (situs resmi Ikhwanul Muslimin)
Para pendukung Mursi dengan melakukan aksi demonstrasi dengan membawa simbol pembebasan Rab’ah. Foto: Ikhwan Web (situs resmi )

, 9 Sya’ban 1435/7 Juni 2014 (MINA) – Setelah Komisi Pemilihan Umum Mesir mengumumkan kemenangan Al-sisi pekan lalu, demonstrasi masih marak terjadi di provinsi-provinsi negara itu.

Salah satunya yang terjadi di Hay Asyir, Madinat Nasr, Kairo. Koresponden Mi’raj Islamic News Agency (MINA) di Kairo pada Jum’at memantau ratusan demonstran berkumpul dan meneriakan slogan anti Al-Sisi dan kudeta yang menggulingan presiden Muhamad Mursi setahun silam.

Biasanya, demonstrasi berpusat di titik-titik yang  menjadi basis Ikhwanul Muslimin, seperti di  Nasr City, Giza, Alexandria, Minya, dan sebagainya.

Baca Juga:  Menlu Iran-Mesir Bertemu di Gambia Bahas Gaza

Pihak keamanan  disiagakan dan memantau aktivitas para demonstran  yang secara rutin melakukan  protes rutin mereka sejak Juli 2013 hingga hari ini.  Bahkan, para polisi dan militer diperbolehkan melakukan aksi pembubaran paksa demonstran dalam undang-undang  protes terbaru Mesir.

Pada saat yang sama,   para pendukung Al-sisi juga berkumpul di Tahrir Square pada malam hari. mereka merayakan apa yang mereka sebut “Kemenangan Rakyat”  dengan terpilihnya Al-Sisi.  Di sana, mereka berkumpul sambil membawa bendera Mesir, Poster Al-Sisi, serta diiringi musik dan nyanyian-nyanyian.

Al-Sisi  diklaim menang telak dalam pemilu presiden Mesir karena mendapat  96 persen suara  yang masuk, atau sebanyak 44,4 persen (23,38 juta pemilih) dari total 54 juta warga Mesir. Sedangkan saingan satu-satunya Al-Sisi dalam pemilu, Hamdeen Sabbahi memperoleh 3,5 persen  atau kurang lebih 735,285 orang.(L/K04/P03/R2)

Baca Juga:  Menlu Iran-Mesir Bertemu di Gambia Bahas Gaza

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0