Dewan Bisnis Indonesia-Qatar Gelar Pelatihan Ekspor

Jakarta, MINA – Indonesia- (Indonesia Qatar Business Councils/) bekerjasama dengan exportkita.id menggelar pelatihan ekspor untuk anggota komunitas IQBC.

Sekjen IQBC Anne Kania Dewi menjelaskan, pelatihan yang digelar secara hibrida ini dalam rangka mencetak eksportir baru untuk mendorong pelaku usaha berskala kecil dan menengah (UKM) agar berkontribusi nyata pada ekspor Indonesia.

Pelatihan ekspor IQBC tersebut digelar secara luring di ruang pamer Permanent Trade Exhibition, Kementerian Perdagangan RI Jakarta, dan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting, Senin (26/7).

“Kami mengharapkan peserta pelatihan ini memahami berbagai hal dari mulai proses kegiatan ekspor, kebijakan ekspor dan impor, transportasi, pembiayaan, sampai hal-hal teknis dalam kegiatan ekspor impor,” kata Anne kepada MINA di Jakarta.

Peserta pelatihan merupakan pelaku usaha anggota IQBC dari berbagai wilayah di Indonesia.

Pahala Simamora sebagai pembicara dari exportkita.id mengatakan, melalui pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan peserta sebagai eksportir, mampu memahami tahapan/alur ekspor, hingga dokumen pengiriman ekspor, dan sistem pembayaran.

“Indonesia dapat menjadi tuan rumah di negara sendiri sebagai pengekspor tentunya. Melalui pelatihan ini peserta dapat mensosialisasikan e-commerce di exportkita.com,” ujarnya.

Pahala juga mengatakan, ke depan perlu dilakukan upaya-upaya terencana dan sistematis untuk menciptakan eksportir baru.

“Sebetulnya fasilitas bagi trader (ekportir) sudah ada tinggal dioptimalkan saja. Pemerintah pun sedang berupaya menuntaskan fungsi dari fasilitas tersebut, agar lebih akurat dan menjadikan Indonesia sebagai negara eksportir,” pungkasnya.

IQBC didirikan tahun 2017 atas inisiasi dari Duta Besar Indonesia untuk Qatar, yaitu H.E. Deddy Syaiful Hadi dan H.E. Basri Sidehabi, yang kemudian menjadi Dewan Pembina IQBC.

Pendirian IQBC ini juga didukung oleh KADIN dan Kementerian Luar Negeri RI, serta Kementerian Perdagangan RI.

Dipimpin Hendra Hartono Truman sebagai Presiden dan Sekjen yakni Anne Kania Dewi, IQBC memiliki Ketua- ketua Komite yang mewakili berbagai industri, bidang perdagangan, investasi, UKM, olahraga, pendidikan, pariwisata, kesehatan, ketenagakerjaan, publikasi dan pemberitaan.

IQBC telah memiliki organisasi counterpart di Qatar dengan nama Qatar Indonesia Business Council (QIBC) yang berkedudukan di Doha, Qatar.

Adapun Kegiatan-kegiatan IQBC, meliputi kunjungan bisnis B2B ke Qatar, pelaksanaan Indonesia Expo di Qatar, Trade Expo Indonesia, Business Matching, dialog bisnis, Indonesia Corner, Display product di booth KBRI di Qatar, promosi bisnis, hingga pembinaan/pelatihan UKM berorientasi ekspor.(L/FD/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.