Di Sidang Umum PBB, Presiden Jokowi Nyatakan Konsisten Dukung Kemerdekaan Palestina

New York, MINA – Presiden Joko Widodo berpidato pada Sidang Majelis Umum (PBB) ke-75, Rabu (23/9). Beberapa isu yang ia sampaikan, termasuk menyatakan konsisten mendukung .

adalah satu-satunya negara yang hadir di Konferensi di Bandung yang sampai sekarang belum menikmati kemerdekaannya,” kata Jokowi.

Presiden menjelaskan, dalam Konferensi Asia Afrika di Bandung tahun 1955 itu menekankan pentingnya persamaan derajat, sehingga tidak meninggalkan satu negara pun.

“Persamaan derajat inilah yang ditekankan oleh Bapak Bangsa Indonesia, Soekarno, Bung Karno, saat Konferensi Asia Afrika di Bandung yang menghasilkan Dasa Sila Bandung,” tegas Jokowi.

Sebelumnya Jokowi juga mengingatkan, dibentuknya PBB sejak 75 tahun yang lalu adalah agar dunia bisa lebih damai, stabil, dan sejahtera. Namun, ia menyebut bahwa impian tersebut belum tercapai.

Baca Juga:  Retno: OKI Punya Utang Atas Kemerdekaan Palestina

Prinsip-prinsip Piagam PBB dan hukum internasional kerap tidak diindahkan, termasuk penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah.

Keprihatinan tersebut menjadi semakin besar di saat pandemi COVID-19.

Namun menegaskan, Indonesia terus konsisten memberikan dukungan bagi Palestina untuk mendapatkan hak-haknya. (L/RE1/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments are closed.