Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dinkes Jabar Sebut Ada 13 Kasus Mpox di Wilayahnya

Widi Kusnadi Editor : Rudi Hendrik - Selasa, 27 Agustus 2024 - 09:53 WIB

Selasa, 27 Agustus 2024 - 09:53 WIB

54 Views

pasien kasus Mpox (foto: westjava today)

Bandung, MINA – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Barat mengungkapkan, 13 kasus terkonfirmasi Mpox (cacar monyet) muncul sepanjang tahun 2023-2024.

“Yang terkonfirmasi 13 (cacar monyet), tahun 2023-2024,” ucap Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Jabar dr Rochady, Selasa (27/8).

Rochady mengatakan Dinkes Jabar berhasil mengidentifikasi penyebab penularan Mpox yaitu kontak langsung dengan ruam kulit orang yang terinfeksi, kontak dengan benda yang terkontaminasi cairan tubuh orang yang terinfeksi dan penularan melalui hubungan seksual.

Rochady mengatakan penanganan kasus Mpox di daerah terpencil biasanya melibatkan pelaporan kasus oleh petugas kesehatan setempat, pengambilan sampel untuk pemeriksaan laboratorium, isolasi pasien, pemberian pengobatan suportif, pelacakan kontak erat.

Baca Juga: Anies: Mahasiswa Harus Berani Sampaikan Pendapat, Meski Lawan Arus

Penularan Mpox atau cacar monyet di Jabar rata-rata ditemukan pada pasien yang memiliki riwayat status hubungan seksual yang tidak aman atau menyimpang, seperti LGBT atau memiliki pasangan intim lebih dari satu.

Gejala umum Mpox yang perlu diwaspadai yaitu demam, sakit kepala, pembengkakan kelenjar getah bening, kelelahan, nyeri otot dan ruam kulit dari wajah kemudian menyebar ke bagian tubuh lainnya.[]

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Dompet Dhuafa Gandeng Titimangsa, Suguhkan Teater Musikal tentang Palestina

Tagmpox

Rekomendasi untuk Anda

MINA Health
MINA Health
MINA Health
MINA Health
MINA Health
MINA Health
Indonesia
MINA Preneur
Khadijah
MINA Health