Direktur KNEKS Terima Penghargaan Tokoh Pendukung Gerakan Pemuda Eksyar

Jakarta, MINA – Dalam acara Publik Exprosure dan Grand Launching Bank Syariah Indonesia (BSI) Maslahat di SMESCO Jakarta, Senin (30/1). Direktur Infrastruktur Ekosistem Syariah KNEKS, Sutan Emir Hidayat meraih penghargaan sebagai Tokoh Pendukung Gerakan Pemuda Untuk .

Adapun beberapa penilaian dari penghargaan tersebut dilihat dari aspek kontribusi beliau selama ini untuk perkembangan ekonomi dan keuangan syariah beberapa diantaranya: Bersama tim Manajemen Eksekutif KNEKS turut menyusun dan mengimplementasikan masterplan ekonomi syariah Indonesia 2019-2024.

Bersama tim Manajemen Eksekutif KNEKS turut menyusun Strategi Nasional Pengembangan Materi Edukasi untuk Peningkatan Literasi Ekonomi dan Keuangan Syariah.

Bersama tim Manajemen Eksekutif KNEKS menginisiasi penyusunan kurikulum ekonomi syariah di institusi pendidikan (level sekolah menengah dan perguruan tinggi).

Bersama tim Manajemen Eksekutif KNEKS menginisiasi terbentuknya Komite Daerah Ekonomi Keuangan Syariah (KDEKS) di 7 provinsi Indonesia sebagai ikhtiar percepatan pengembangan ekonomi syariah di daerah.

Menjadi Associate Professor di Internasional Open University (IOU) dan menjadi penulis, reviewer, serta associate editor dan editor di berbagai jurnal internasional dan nasional bereputasi ekonomi dan keuangan syariah terindeks Scopus, Web of Science (WoS), dan SINTA serta koresponden tetap IFN-Red Money, database berita keuangan syariah terkemuka di dunia.

Memberikan dukungan kegiatan training dai ekonomi syariah LIKES dengan mendorong pembuatan buku kultum ekonomi syariah kerjasama MUI, BSI, BSI Maslahat, dan KNEKS.

Mengawal kolaborasi program Sharia Young Leader Summit dengan menjadi dewan juri dan reviewer conference.

Menjadi narasumber dalam berbagai kegiatan dan kajian Literasi Ekonomi Syariah di berbagai acara termasuk acara yang diadakan oleh BSI Maslahat.

Menjadi konsultan dalam pengembangan program Likes BSI Maslahat dan BSI Scholarship.

Turut membantu penerbitan buku inovasi ekonomi syariah dengan tema fintech, ekosistem halal dan philantrhopy dengan disupport tim Manajemen Eksekutif KNEKS untuk mendapatkan engagement stakeholders ekonomi syariah Indonesia.

Bersama tim Manajemen Eksekutif KNEKS melakukan pelatihan guru agama dan guru ekonomi dengan kurikulum dan bahan ajar yang sudah dirancang oleh KNEKS.

Memaksimalkan program magang BSI Scholarship melalui kerjasama BSI dengan KNEKS untuk mendapatkan rekomendasi penempatan magang di industri ekonomi syariah yang sesuai.

Alhamdulilah kali ini saya mendapatkan kesempatan untuk menjadi Tokoh Pendukung Gerakan Pemuda untuk Ekonomi Syariah. Perkembangan ekonomi dan keuangan syariah khususnya di Indonesia membutuhkan generasi muda yang kuat, kompeten, mau terus belajar untuk pengetahuan yang baru, inovatif dan memiliki kreativitas yang tinggi untuk terus memajukan bangsa sehingga dapat menjadi Agent of Change dalam ekonomi dan keuangan syariah Indonesia dan global,” ujar Emir.

BSI Maslahat merupakan sebuah wadah untuk memperkuat kemitraan dengan mitra strategis PT Bank Syariah Indonesia, Tbk dalam mengoptimalkan potensi dan menghimpun dana ZISWAF (Zakat, Infaq, Sedekah, dan Wakaf) serta donasi sosial dan CSR dengan sasaran muzakki (donatur) perorangan maupun perusahaan.

Dalam aktifitas pengelolaan dan penyaluran dana kepada ashnaf mustahik, BSI Maslahat mendasari programnya untuk menyantuni dan memberdayakan potensi para mustahik (penerima manfaat), sehingga mustahik memiliki peluang dan mampu bersaing mengangkat derajat kehidupan yang lebih baik lagi. (L/R4/P1)

MI’raj News Agency (MINA)