DIRJEN PENDIS: HARI SANTRI MILIK UMAT ISLAM INDONESIA

Foto: Kemenag
Foto: Kemenag

Jakarta, 6 Muharram 1436/19 Oktober 2015 (MINA) – Direktur Jenderal Pendidikan Kamaruddin Amin menegaskan, Hari menjadi milik umat Islam Indonesia secara keseluruhan.

Kamarudin menyebutkan, para tokoh pendahulu seperti Cokroamitono (SI), KH Ahmad Dahlan (Muhammadiyah), KH Hasyim Asy’ari (NU), KH A Hasan (Persis), KH A Soorkati (al-Irsyad), KH Mas Abd Rahman (Matlaul Anwar) dan para tokoh Islam lainnya adalah maha santri.

“Jika kita membaca dengan seksama sejarah perjuangan para tokoh di atas, beliau-beliau ini merupakan para maha santri, tokoh-tokoh Islam yang berdarah merah putih. Mereka mempunyai komitmen keislaman dan keindonesiaan yang sangat kuat,” kata Kamaruddin saat Konferensi Pers Pencanangan Hari Santri Nasional  di Gedung Kemenag Lapangan Banteng, Jakarta, Senin (19/10).

Kamarudin mengatakan, definisi santri dapat dinisbatkan kepada mereka para santri yang mempunyai dua komitmen di atas.

Rencananya penetapan Hari Santri akan dilakukan pada 22 Oktober 2015 di Masjid Istiqlal Jakarta dan direncanakan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.

Menurutnya, para santri diinspirasi dan diselimuti nilai-nilai Islam di satu sisi dan semangat serta kesadaran penuh tentang kebangsaan Indonesia yang majemuk di sisi lain.

“Karenanya, santri tidak ekslusif dan tertbukti kepada komunitas tertentu,” katanya.

Ia menegaskan, santri adalah mereka yang dalam tubuhnya mengalir darah merah putih dan tarikan nafasnya terpancar kalimat laa ilaha illa llah. Karenanya, penetapan Hari Santri sangat relevan dalam konteks Indonesia modern yang plural.

Ia menyebutkan, penetapan Hari Santri pada 22 Oktober esok, memiliki justifikasi historis yang kokoh dimana Hadratus Syaikh Hasyim Asy’ari mengeluarkan Resolusi Jihad yang mewajibkan Umat Islam untuk berjihad melawan penjajah. (T/P010/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Chamid Riyadi

Editor: Bahron Ansori

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0