Dompet Dhuafa-BCA Syariah Bantu Budidaya Ikan Kerapu

Situbondo, MINA – (DD) bekerja sama dengan Bank membangkitkan perekonomian masyarakat Sumberwaru, Situbondo, Jawa Timur melalui budidaya Ikan Kerapu.

Manager Corporate Partnership Dompet Dhuafa, Sulis Tiqomah mengatakan, Indonesia memiliki anugerah laut yang begitu luas dengan berbagai sumber daya ikan di dalamnya, demikian rilis Dompet Dhuafa yang diterima MINA, Kamis (2/5).

Sulis menjelaskan, Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia, karena luas laut dan jumlah pulaunya. Panjang pantai Indonesia mencapai 95.181 Km (World Resources Institute, 1998) dengan luas wilayah lautnya mencapai 5,4 juta Km2. Angka tersebut mendominasi total luas teritorial Indonesia sebesar 7,1 juta Km2.

Potensi tersebut menempatkan Indonesia sebagai negara dengan karunia sumber daya kelautan yang besar. Termasuk kekayaan keanekaragaman hayati dan non hayati kelautan terbesar.

Ia menegaskan, tetapi sumber daya kelautan tersebut, belum dapat maksimal pemanfaatannya.

Nelayan Indonesia juga masih jauh dari kata sukses dan makmur. Masyarakat pesisirnya juga masih berada dalam level ekonomi yang cenderung stagnan.

Ia menerangkan, kehidupan warga di lokasi tersebut, rata-rata penghasilan penduduknya hanya Rp20 ribu per hari. Padahal mereka memiliki kekayaan lokal tersebut, jika dimaksimalkan akan mendongkrak perekonomian masyarakat Sumberwaru.

“Di Sumberwaru, Dompet Dhuafa melihat potensi lokal yang begitu kaya. Baik dari sektor kelautan maupun pertanian. Namun, masyarakat setempat belum dapat memaksimalkannya. Sehingga sejak 2017, kami di Dompet Dhuafa menginisiasi adanya program pemberdayaan masyarakat Sentra Perikanan Pesisir Situbondo dengan tujuan mendongkrak perekonomian masyarakat setempat,” pungkasnya.

“Merupakan suatu kebanggan bagi kami dapat ikut serta dalam program pemberdayaan perekonomian masyarakat pesisir Situbondo. Dana sosial yang kami salurkan melalui Dompet Dhuafa merupakan zakat dari nasabah yang dititipkan melalui BCA Syariah sehingga merupakan sebuah amanah bagi kami,” ucap Yanto Tanaya, Kepala Satuan Kerja Bisnis dan Komunikasi BCA Syariah.

“BCA Syariah berkomitmen untuk menjalankan amanah tersebut dengan penuh tanggung jawab. Oleh karena itu, kami menyalurkan dana zakat nasabah melalui mitra kami yaitu Dompet Dhuafa dalam salah satu program unggulannya yaitu budidaya ikan kerapu,” tuturnya.

“Kami turut senang dengan bergulirnya program ini karena sudah menunjukkan hasilnya dan masyarakat perlahan terangkat perekonomiannya, sekaligus menjadi potensi perekonomian baru Sumberwaru,” terangnya. (R/Gun/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.