Dompet Dhuafa Targetkan 25 Ribu Hewan Kurban Di 25 Provinsi RI, Mindanao dan Gaza

Jakarta 7 Dzulqa’dah 1437/10 Agustus 2016 (MINA) – Lembaga kemanusiaan menargetkan akan menyebar 25.000 hewan kurban ke setidaknya 25 provinsi di dalam negeri dan di luar negeri yakni Mindanao dan Gaza,  pada Idul Adha 1437 Hijriah mendatang.

Direktur Dompet Dhuafa Filantropi, Imam Rulyawan menjelaskan dalam konferensi  pers KURBANESIA Berlimpah Keberkahan di Gereja Theresia Menteng, Jakarta, Rabu (10/8), aktivitas penyebaran hewan kurban tersebut bergulir dilakukan melalui program (THK).

Program ini bergulir sejak 1994 dan kini memasuki penyenggaran kali ke 24 di tahun ini.

Menurut Imam, “program THK ini adalah puncak panen para peternak local mitra pemberdayan Dompet Dhuafa. Pasokan ternak program THK berasal puluhan lembaga mitra pemberdayaan dan ratusan peternak Dompet Dhuafa di seluruh Indonesia,” katanya.

Melalui program THK, daging kurban dapat terdistribusi setidaknya ke 25 provinsi di seluruh Indonesia kepada masyarakat yang kurang beruntung. Ini adalah salah satu gagasan sejak awal bergulir agar daging kurban tidak menumpuk di kota-kota besar.

“Daerah-daerah yang menerima penyaluran hewan kurban THK mayoritas diterima masyarakat yang tinggal di pelosok-pelosok Nusantara. Rawan gizi terbelakang, miskin,” jelas Imam.

“Di samping itu juga daerah-daerah yang terkena bencana dan kerusuhan, wilayah berbatasan dengan negara tetangga, kawasan dalam pegunungan, pesisir pantai, hingga pula terluar dalam negeri ini.

Sedangkan untuk luar negeri tahun ini Dompet Dhuafa menyalurkan hewan kurban ke Mindanau, Filipina dan Palestina (Gaza),” ujar Imam. (L/P002/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: kurnia

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.