Dompet Dhuafa Terjunkan Tim Darurat Bencana Sumbawa, Pandeglang

Relawan (Foto: DD)

 

Jakarta, 18 Jumadil Awwal 1438/15 Februari 2017 (MINA) — Dompet Dhuafa menerjukan tim di wilayah tertimpa dengan membangun posko sehat, dapur umum dan balai pengobatan.

Direktur Disaster Management Centre (DMC) Dompet Dhuafa Syamsul Ardiansyah mengatakan terdapat tujuh Kecamatan di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat,  yang mengalami dampak terparah yakni Sumbawa, Moyo Hilir, Moyo Utara, Utan, Alas, Empang dan Tarano.

“Tim DMC pada Ahad (12/2) sudah melakukan Aksi Bersih di PAUD Biharsyah (Kelurahan Samapuin, Kecamatan Sumbawa) bersinergi dengan relawan Mapala Maras UTS dan relawan pramuka. Juga diadakan respon darurat banjir di Moyo Utara (Masjid An-Nur, Dusun Tahan, Desa Baru Tahan, Kecamatan Moyo Utara) yaitu berupa pengiriman 200 paket logistik, Sekolah Ceria bersama 50 anak, pendirian Pos Hangat serta menyiagakan sarana untuk evakuasi,” kata Syamsul dalam keterangan Pers di Jakarta, Rabu (15/2).

Lebih lanjut Syamsul mengatakan Tim DMC sudah terjunkan tim tanggap bencana sejak Jumat (10/2) bersama relawan Bima Rangga dengan mengirimkan logistik ke Dusun Pangeyar Balai Desa Kakiang, Kecamatan Moyo Hilir. Lalu pada Sabtu (11/02) Tim DMC melakukan aktivitasnya seperti Aksi Bersih di di Musholla Alikhlas, Pengiriman Logistik, Layanan Kesehatan, dan Sekolah Ceria di Pos Pengungsian Sumbawa.

“Hingga Senin (13/02) Tim DMC sudah mendukung kebutuhan di tiga Kecamatan pada respon Sumbawa yaitu terdapat di Kecamatan Sumbawa dengan Aksi Bersih dan Pengiriman Logistik, di wilayah Kecamatan Moyo Utara dilakukan berupa pengiriman logistik, mendirikan sekolah Ceria bersama puluhan anak, mendirikan Pos Hangat, hingga menyiagakan fasilitas evakuasi para korban banjir,” terang Syamsul.

Sementara itu banjir di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten menerjang ratusan rumah dan ratusan hektar  terendam banjir, yang terdampak parah terjadi di Desa Munjul Kabupaten Pandeglang.

Tim DMC langsung bergerak serta mendirikan dapur umum mendistribusikan 800 paket logistik. Hingga Senin (13/2) hujan masih turun dengan intensitas sedang dan lebat di wilayah Kabupaten Pandeglang, masyarakat masih membutuhkan obat-obatan dan selimut.

Tim DMC beserta komunitas seperti Relawan Sosial Peduli Kemanusiaan (Respek) dan Honda Vario Club (HVC) Banten melakukan aksi pendataan hingga pendistribusian 800 paket logistik bagi masyarakat yang terkena dampak terparah di Desa Munjul Kabupaten Pandeglang, Banten.(L/R03/P1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)