Dompet Dhuafa Volunteer Purwokerto Gulirkan Program RT Mapan Gizi 

Banyumas, MINA- Dompet Dhuafa Volunteer (DDV) Purwokerto belum lama ini menggulirkan  program RT Mapan Gizi atau Rumah Tangga Mapan Gizi.

Program ini diinisiasi oleh Layanan Kesehatan Cuma (LKC) Dompet Dhuafa Jawa Tengah.  Demikan keterangan pers yang diterima MINA, Selasa (22/9).

Aan Julianto selaku koordinator program mengatakan, kegiatan ini akan berkelanjutan  dan ia berharap kawasan itu nantinya dapat menjadi percontohan kawasan sehat, mengatasi kerawanan pangan dan menumbuhkan kemandirian pangan keluarga.

Program menyasar 320 Kepala keluarga (KK) penerima manfaat untuk mendorong masyarakat lebih produktif.

Pada tahap awal ini bantuan bibit diberikan sebanyak 15-20 polibag dengan memanfaatkan kantong plastik bekas di setiap rumah.

Para relawan yang tergabung dalam DDV Purwokerto menyebar ketiap RT dalam kelompok kecil untuk melakukan pendistribusian, pendampingan dan edukasi.

Bibit tanaman obat keluarga, dan tanaman sayur mayur kebutuhan harian konsumsi rumah tangga seperti cabai, bayam, pepaya, sawi terong sebagai upaya ketahanan keluarga.

Disamping itu, empat dusun Desa Suro, Kecamatan Kalibagor, Kabupaten Banyumah bersama-sama bergerak melalui program tersebut.

Program pemberdayaan ini merupakan bagian dari program Kawasan Sehat berbasis RW yang sudah diinisiasi sejak Februari 2020 lalu. 

Selain itu, LKC Dompet Dhuafa membuka kesempatan sinergi untuk pengembangan program bagi individu dan komunitas yang tertarik dalam program tersebut. (R/SH/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Comments are closed.