Forum Zakat Akan Gelar Festival Indonesia Giving Fest 2022

Ruang Tengah 'Giving With Impact', di Jakarta. (Foto: Abdullah/MINA)

Jakarta, MINA – Asosiasi lembaga pengelola zakat, (FOZ) akan menggelar pada 23-25 Desember 2022 mendatang di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, sebagai upaya menggaungkan kontribusi gerakan zakat kepada masyarakat.

“Kami berharap masyarakat bisa datang ke sini untuk melihat langsung apa yang dilakukan lembaga zakat,” ujar Direktur Eksekutif Forum Zakat Agus Budiyanto dalam diskusi Ruang Tengah, di Jakarta, Rabu (7/12).

Agus mengatakan festival ini akan melibatkan 199 Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) anggota Forum Zakat dan menargetkan sekitar 15 ribu pengunjung dalam tiga hari perhelatan. Menurutnya, Indonesia Giving Fest ini menjadi yang pertama digelar oleh asosiasi OPZ.

Akan ada tiga agenda utama, yakni seminar dengan sejumlah pemangku kebijakan, anjungan-anjungan yang menampilkan berbagai produk dari hasil pemberdayaan masyarakat yang telah dilakukan OPZ, serta hiburan artis ibu kota dan pemengaruh (influencer).

“Secara target efek, kami berharap masyarakat lebih percaya, lebih merasa aman, dan merasa nyaman menyalurkan zakat ke lembaga-lembaga zakat yang ada di Indonesia,” ujarnya.

Selain itu, Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama Kemenko PMK Aris Darmansyah Edisaputra mengatakan, Indonesia Giving Fest ini akan menjadi suatu bentuk pertanggungjawaban kepada masyarakat terkait pengelolaan zakat.

“Program-program pemberdayaan tersebut akan membuktikan bahwasannya hal itu bisa dilakukan dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat,” katanya.

Kemudian, GM Komunikasi & Corporate Secretary Dompet Dhuafa Dian Mulyadi menyatakan, pihaknya akan memaksimalkan festival tersebut untuk memaparkan serta menampilkan hasil capaian program pemberdayaan yang telah dilakukan selama ini.

“Kami memang punya kepentingan memberikan edukasi dan publikasi kepada masyarakat, bahwa dana zakat yang dikelola dengan maksimal itu Insya Allah bisa mengentaskan kemiskinan, bisa meningkatkan martabat hidup masyarakat marginal,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Super Volunteer Dompet Dhuafa Chiki Fawzi membagikan pengalamannya selama turun langsung dalam berbagai program kebaikan di masyarakat.

“Selama saya ikut dalam aktivitas berbagi di berbagai daerah saya merasa ternyata berbuat baik itu bisa menjadi sumber kebahagian bagi kita sendiri. Ingat selalu kata Rasul, Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat. Jadi pada dasarnya semua orang itu bisa berbuat baik dan bisa menularkan kebaikan,” ujarnya.

Kegiatan ini juga dihadiri Mohd. Nasir Tajang selaku Pimpinan Provinsi DKI Jakarta Bidang Kesekretariatan SDM dan Umum, dan Dian Mulyadi selaku GM Komunikasi & Corporate Secretary Dompet Dhuafa. (L/R11/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.