Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dua Kapal 28 Meter Produksi Anak Bangsa Perkuat TNI AL

Rana Setiawan - Sabtu, 17 Februari 2024 - 23:08 WIB

Sabtu, 17 Februari 2024 - 23:08 WIB

9 Views

Batam, MINA – Dua Kapal TNI Angkatan Laut (KAL) 28 Meter produksi dalam negeri yaitu KAL Sembulungan II-5-42 dan KAL Hinako I-2-19 secara resmi memperkuat jajaran TNI Angkatan Laut (TNI AL).

Upacara penerimaan (Delivery Ceremony) dua KAL tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali di galangan kapal PT. Citra Shipyard, Kepulauan Riau, Batam, pada Jumat (16/02).

Nama Sembulungan diambil dari nama pantai yang ada di Banyuwangi dan nama Hinako merupakan salah satu pulau yang ada di wilayah demikian dilaporkan Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Adapun dua unit KAL ini nantinya akan ditempatkan guna memperkuat satuan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banyuwangi, yang ada di bawah jajaran Lantamal V Surabaya dan Lanal Nias, Lantamal II Padang.

Baca Juga: Beberapa Wilayah di Jateng Diprediksi Hujan Ektrem pada 8-9 September

Dalam Delivery Ceremony kedua kapal ini, diawali dengan penandatanganan berita acara serah terima oleh Dirut PT Citra, Kadisadal, Aslog Kasal, Pangkoarmada I dan Pangkoarmada II yang disaksikan oleh Kasal dan serta PT Citra

Acara dilanjutkan dengan upacara peresmian dan pengukuhan Komandan KAL Hinako dan Sembulungan dimana Lettu Laut (P) Heru Kuswanto dikukuhkan sebagai Komandan KAL Hinako dan Lettu Laut (P) Riyanto sebagai Komandan KAL Sembulungan.

Disampaikan oleh Kasal dalam kesempatan ini, KAL 28 meter tersebut memiliki beberapa keunggulan yaitu memiliki 1 unit meriam 20 mm, dan 2 unit meriam 12,7 mm, mampu beroperasi di berbagai medan dan cuaca.

“Dengan kecepatan 28 knots dan kelincahan yang dimiliki, KAL 28 ini mampu memenuhi berbagai misi operasi baik infiltrasi, eksfiltrasi, maupun misi SAR secara sangat baik”, ujar Kasal.

Baca Juga: Peringatan Setahun Kasus Rempang, Warga Gelar Doa Bersama

“Kapal ini juga sangat cocok untuk diperairan-perairan sempit seperti di selat bahkan bisa masuk ke sungai, jadi sangat efektif digunakan dalam operasi Keamanan Laut (Kamla) untuk penegakan hukum di laut. Karena kita tahu banyak sekali penyelundupan-penyelundupan itu dilakukan justru di selat-selat sempit,” ungkap Kasal lebih lanjut.

Pengadaan kapal patroli jenis KAL 28 ini merupakan upaya TNI AL dalam rangka melaksanakan tugas pokok matra laut, sekaligus realisasi dari program prioritas pembangunan TNI AL yaitu modernisasi Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista).

TNI AL berkomitmen untuk melaksanakan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN), serta mengurangi produk impor.

Hal tersebut ditegaskan oleh Kasal, dimana langkah ini diambil guna mendukung pemerintah dalam meningkatkan perekonomian, sekaligus sebagai wujud kemandirian bangsa dalam pemenuhan Alutsista dan meningkatkan peran Indonesia dalam rantai suplai global.

Baca Juga: LTM PBNU Gelar Pelatihan Digital untuk 400 Takmir Masjid Se-Jabodetabek

KAL 28 buatan anak Bangsa ini,mempunyai kecepatan maksimal 28 Knot dan dilengkapi persenjataan Meriam kaliber 20 mm dan 2 senjata 12,7 mm, disampaikan Kasal kepada awak media, di sela-sela acara.

Salah satu KAL akan memperkuat jajaran Lanal Nias, yaitu KAL Hinako. Keberadaan PT Citra Shipyard ini, merupakan perusahaan yang ikut memperkuat industri pertahanan Nasional.

Lanal Nias,merupakan Lanal  yang berada di wilayah terluar dari perairan sebelah Barat pulau Sumatera dan salah satu Lanal yang  berada di bawah jajaran Lantamal II Padang. KAL  menjadi sarana patroli yang penting dan bernilai strategis untuk tugas pokok Lanal Nias. Cocok digunakan untuk Laut sempit atau perairan pedalaman.

Bukan saja KAL Haniko untuk Lanal Nias, Kasal juga menyerahkan KAL Sembulungan untuk Lanal Banyuwangi di bawah jajaran Lantamal V Surabaya. (R/R1/RI-1)

Baca Juga: 20 Tahun Pembunuhan Munir, Amnesty Internasional Desak Pemerintah Tuntaskan Kasus

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Ribuan Jamaah Ikut Shalat Jenazah Tu Sop Di Masjid Raya Baiturrahman

Rekomendasi untuk Anda

MINA Millenia
MINA Sport
MINA Health
Asia
Indonesia