Dubes Ahmed: Hubungan Indonesia-Mesir Semakin Kuat

Jakarta, MINA – Duta Besar untuk Ahmed Amr Ahmed Moawad mengatakan, hubungan bilateral Indonesia-Mesir semakin kuat.

“Hal tersebut bisa dilihat dari kunjungan Grand Syeikh Al-Azhar yang telah mengunjugi Indonesia beberapa waktu lalu,” ujarnya dalam acara peringatan Mesir yang ke-66 di Jakarta, Senin (23/7).

Sementara itu, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro mengatakan, hubungan Indonesia-Mesir telah terjalin jauh sebelum kemerdekaan kedua negara, semenjak saat itu kedua negeri telah membangun kerja sama di berbagai bidang. Memasuki era globalisasi, kerja sama ekonomi menjadi semakin penting dan menjadi ciri utama dalam hubungan kedua negara.

“Meski capaian hubungan bilateral kedua negara sudah sangat banyak, kiranya kita tidak cukup berpuas diri, dengan pencapaian yang telah ada, mengingat masih terdapat berbagai peluang untuk bereksplorasi. Dengan ini kami mengundang sektor pemerintah dan swasta di kedua negara untuk bersama sama meningkatkan kerjasama yang telah ada,” kata Bambang saat menyampaikan pidatonya.

Dia menambahkan, Indonesia dan Mesir akan terus melanjutkan pembentukan di jalur baru bagi kerja sama yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak.

“Salah satu kerja sama penting antara Indonesia dan Mesir adalah di bidang pendidikan. Sejak tahun 1960-an, Mesir dikenal oleh kalangan pelajar/mahasiswa Indonesia sebagai negara tujuan untuk belajar, khususnya di Universitas Al-Azhar. Lebih dari 4.890 pelajar/mahasiswa Indonesia telah menempuh pendidikan di Mesir,” katanya.

Kerja sama perdagangan antara kedua negara terus tumbuh dan menunjukkan tren positif. Di tahun 2017, nilai total perdagangan kedua negara mencapai 1,5 miliar USD dengan tren positif peningkatan sebesar 4,01% untuk periode 2013 sampai 2017.

Turut hadir dalam acara tersebut diantaranya Wakil Menteri Luar Negeri RI A.M Fachir, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno, serta para Duta Besar Negara-Negara sahabat. (L/R04/RI-1)

Miraj News Agency (MINA)