Dubes RI Nairobi Dorong Pengusaha Kongo Ikut Berpartisipasi TEI 2022

Pertemuan dengan Federation des Enterprises du Congo (FEC) di Kinshasa, Kongo.(Foto: KBRI Nairobi)

Kinshasa, MINA – Duta Besar RI Nairobi, DR. Mohamad Hery Saripudin, bekerjasama dengan Kemenlu, Kemendag, dan Organizing Committee TEI 2022 memimpin penyelenggaraan hybrid meeting di Kinshasa untuk memperkenalkan Trade Expo Indonesia (TEI) 2022 kepada kalangan pengusaha di Republik Demokratik Kongo/RDK dan perwakilan Kementerian Perdagangan Luar Negeri RDK, Selasa (27/9).

Pertemuan dihadiri oleh tidak kurang dari 15 orang pimpinan, pengurus, dan anggota dari Kamar Dagang dan Industri RDK baik secara fisik maupun online, keterangan pers KBRI Nairobi yang diterima MINA, Rabu.

Dalam pertemuan hybrid tersebut, Dubes Hery Saripudin menggarisbawahi pentingnya memanfaatkan momentum global pemulihan dari pandemi COVID-19 untuk meningkatkan kembali interaksi langsung antara pelaku ekonomi dari Indonesia dan Republik Demokratik Kongo, baik secara tatap muka maupun melalui media online.

“Sejak tahun 2014, Presiden Joko Widodo sudah memberikan fokus perhatian ke kawasan Afrika, terutama untuk penguatan diplomasi di bidang ekonomi,” tegas Dubes Hery.

Wakil Kemendag dan wakil panitia penyelenggara TEI 2022 juga menyampaikan paparannya secara virtual terkait dengan rencana pelaksanaan TEI 2022 mendatang, termasuk menjelaskan berbagai kategori komoditi/produk yang akan dipamerkan, pemberian fasilitas penjemputan dan transportasi bagi para tamu TEI, serta fasilitas lainnya.

Perwakilan KADIN Indonesia juga menyambut baik minat KADIN RD Kongo untuk mempererat kerja sama antar pelaku usaha dari kedua negara. Bahkan pimpinan KADIN RD Kongo mengajukan usulan untuk dilakukan pembahasan dan penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) antara kedua pihak.

Selain penyelenggaraan hybrid meeting promosi TEI tersebut, Dubes Hery Saripudin juga mengadakan serangkaian pertemuan bilateral dengan pengusaha swasta RDK.

Dalam rangkaian pertemuan tersebut, Dubes RI Nairobi menggarisbawahi pentingnya partisipasi kalangan bisnis RDK pada TEI 2022.

“TEI 2022 merupakan platform one-stop-shop yang dapat menawarkan program yang komprehensif, termasuk seminar dan business matching yang bisa dimanfaatkan oleh kalangan pengusaha RDK dalam meningkatkan hubungan perdangan dengan Indonesia,” ungkap Dubes Hery.

Lebih lanjut, Dubes RI Nairobi juga mengharapkan dukungan agar interaksi kalangan bisnis dari kedua negara dapat dipererat melalui kerjasama antar KADIN.

Trade Expo Indonesia (TEI) merupakan event tahunan untuk promosi peluang perdagangan, pariwisata, dan investasi di Indonesia.

Untuk pelaksanaan TEI ke-37, yang akan dilaksanakan pada 19-23 Oktober 2022 ini, akan terdiri dari tujuh zona, dan akan menyajikan berbagai komoditas unggulan, dari mulai produk manufaktur sampai produk digital dan layanan.(R/R1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)