ERDOGAN BANTAH TURKI BELI MINYAK DARI ISIS

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. (Foto: dok. Hellenicleaders.com)
Presiden Recep Tayyip . (Foto: dok. Hellenicleaders.com)

Ankara, 14 Safar 1437/27 November 2015 (MINA) – Presiden Turki membantah bahwa pemerintahnya membeli dari kelompok Islamic State (/Daesh), setelah Rusia menuduh Turki menutup mata atas penyelundupan minyak ISIS.

“Malulah Anda. Mereka yang mengklaim kami membeli minyak dari Daesh wajib membuktikannya. Jika tidak, Anda pemfitnah,” kata Recep Tayyip Erdogan, berbicara kepada pejabat di ibukota pada Kamis (26/11), Al Jazeera memberitakannya yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Presiden Rusia Vladimir Putin pada Kamis mengatakan, “tidak ada keraguan”, minyak dari wilayah yang dikendalikan ISIS di Suriah telah melintasi perbatasan masuk Turki.

Tuduhan itu muncul setelah Turki menembak jatuh sebuah jet tempur Rusia di perbatasan selatan dengan Suriah, membawa hubungan Ankara dengan Moskow ke level terburuk.

“Kami melihat dari langit di mana kendaraan ini (yang membawa minyak), Pergi ke Turki siang dan malam,” kata Putin setelah insiden itu.

Erdogan membalas Putin dengan mengatakan, “Daesh menjual minyak yang mereka bor kepada (Presiden Suriah Bashar) Al-Assad. Bicaralah kepada Assad yang Anda dukung.”

Erdogan juga mengatakan, Turki telah mengambil tindakan pencegahan untuk menghentikan penyelundupan minyak di perbatasannya yang menjadi sumber utama pendapatan bagi ISIS.

Presiden menambahkan, tempat Turki membeli minyak dan gas alam yang terkenal adalah Rusia dan Iran, serta Azerbaijan dan Irak utara. (T/P001/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0